Kamu Suka Donor Darah ? Mari Kenali Manfaat Dan Efek Sampingnya

Kamu Suka Donor Darah ? Mari Kenali Manfaat Dan Efek Sampingnya

--

INFORADAR.ID – Aksi kemanusiaan yang satu ini mungkin jarang diminati  ataupun dilakukan oleh sebagian orang, yah itulah donor atau transfusi darah. Donor darah merupakan bentuk sosial dengan menyumbangkan darahnya secara sukarela kepada orang yang benar-benar membutuhkan seperti penderita anemia, tahlasemia, atau korban kecelakaan yang membutuhkan banyak darah.

 

Ada berbagai jenis donor darah yang bisa dilakukan seperti donor trombosit, sel darah merah, darah utuh ataupun plasma. Tentunya hal tersebut bisa dilaksanakan sesuai kebutuhan bagi pasien yang membutuhkan. 

 

Hal yang perlu diingat adalah sebelum melakukan donor, ada syarat-syarat atau kualifikasi yang memang harus terpenuhi. Di antaranya memiliki berat badan minimal 45 kilogram, kondisi tubuh dalam keadaan bugar dan sehat, berusia minimal 17 dan maksimal 36 tahun, kadar hemoglobin (Hb) tidak kurang dari 12,5g% sampai 17,0g%, dan sebagainya. 

 

Banyak efek samping yang bisa timbul setelah melakukan donor darah seperti memar atau nyeri pada bagian bekas suntikan, lemas ataupun pusing. Namun efek tersebut tidak akan berlangsung lama ko, apalagi dibarengi dengan mengkonsumsi makanan kaya zat besi, minum air putih yang cukup, dan juga bisa mengkonsumsi suplemen tablet penambah darah yang biasanya diberikan setelah kita melakukan donor darah. 

 

Dari efek samping yang ada, tentunya terdapat segudang manfaat yang bisa didapatkan jika kamu melakukan donor darah. Mengutip dari promkes.kemenkes.go.id , berikut manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh. 

 

1. Menurunkan Berat Badan

Jika Kamu melakukan donor darah secara rutin dua bulan satu kali bagi laki-laki dan tiga bulan sekali bagi perempuan, dapat membakar 650 kalori dari 450 mili darah yang didonorkan.

 

2. Bisa Mendeteksi Penyakit Serius 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: