Ragam Aksesoris Jaket, Bikin Gayamu Makin Indie

Ragam Aksesoris Jaket, Bikin Gayamu Makin Indie

--

Jaket jadi tren lagi dalam ranah fashion anak muda zaman sekarang. Mulai dari jaket kulit, jaket jeans hingga jaket bomber yang heboh gara-gara acap dipakai Presiden Jokowi. Kalau kamu, ada berapa jaket dikoleksi di rumah?

Padu padan kemeja, kaos maupun dress selalu tampak ciamik ketika dipadukan dengan jaket.  Tapi kebanyakan jaket, baik itu jaket kulit, jaket jeans maupun jaket bomber diproduksi dengan desain polos yang itu-itu saja. Paling banter, hanya permainan warna dan gimmick potongan jahitan.

Tak jarang jaket yang kita pakai visualnya tampak identik dengan jaket kawan lain. Karenanya, perlu sedikit hack dan kreativitas demi tampilan jaket yang lebih berkesan. Salah satunya dengan menambahkan aksesoris. Jika kamu mampu cermati, anak-anak indies yang melek fashion kerap mengenakan aksesoris pada jaket mereka.

Alangkah lebih kekinian jika jaket jeans-mu tidak polos-polos amat. Tak cuma untuk gaya, tapi juga sebagai pembeda. Ini Tiga rekomendasi aksesoris yang bisa bikin tampilanmu beda.

 

1. Semat-Semat Pin

Pin adalah aksesoris yang paling mudah dipasangkan pada jaket. Pin umumnya berbentuh bulat, dengan tambahan peniti di bagian dalam atau bawahnya. Asal kamu tahu, kemunculan pin pertama kali sebenarnya bukan untuk fashion.

Awalnya, pin lebih dikenal dengan nama badge alias lencana atau tanda pangkat dalam ranah militer. Bentuk lencana itu disesuaikan pula dengan logo kemiliteran. Dan biasanya lencana-lencana itu dibuat dari material logam.

Seiring waktu, lencana ikut terkena inovasi hingga akhirnya tidak cuma dipakai orang-orang militer. Kini jaket jadi media baru tempat penyemat lencana

Seiring waktu, lencana ikut terkena inovasi hingga akhirnya tidak cuma dipakai orang-orang militer. Kaos, jaket maupun topi jadi media baru tempat penyemat lencana, yang berangsur populer disebut sebagai pin. Kini, pilihan desain pin cukup melimpah. Mulai dari logo-logo militer itu sendiri, wajah selebritas (juga politikus) hingga desain karakter nan kawaii.

 

2. Jahit-Jahit Patch

Bila kamu sering bercengkrama dengan kawan dari skena punk maka jaket jeans yang ditempeli sejumlah patch bukanlah pemandangan yang aneh. Malah, jaket yang tadinya polos jadi terlihat garang karena desain patch yang dinamis dan (kadang) provokatif.

Kamu juga bisa mengadaptasi aksesoris patch ini untuk jaketmu. Tinggal cari di toko-toko online atau berburu langsung ke warung-warung patch konvensional, lalu temukan patch yang sangat kamu banget.

Misalnya, kamu bisa pilih patch Rolling Stones kalau band itu adalah favoritmu. Atau kamu bisa tambahkan patch bendera Merah Putih kalo ingin dipandang nasionalis. Setelah itu, kamu tinggal jahit sendiri atau minta mamang tukang jahit menyelesaikannya untukmu.

 

3. Lukis-Lukis Gambar

Nah, yang satu ini agaknya masih belum banyak dikenal orang. Tapi belakangan, tren menjadikan jaket sebagai kanvas lukis semakin gandrung di kalangan anak muda, terutama di kota-kota yang menonjol anak muda kreatifnya.

Meski tak sepenuhnya bisa disebut sebagai aksesoris, tapi lukisan di jaket mampu memberi kesegaran tersendiri pada tampilanmu. Kalau kamu tertarik, coba minta tolong ke kawan yang jago desain untuk melukiskan gambar kece pada punggung jaketmu. Jangan lupa modalkan dia cat lukis ya!(ful/jek).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: