Gunung Karang Pandeglang dan Cerita Mitos Sumur Tujuh

Gunung Karang Pandeglang dan Cerita Mitos Sumur Tujuh

--

INFORADAR.ID – Gunung Karang merupakan salah satu gunung tertinggi di Provinsi Banten dengan ketinggian 1.778  Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL).

Gunung Karang terkenal dengan banyak mitos salah satunya soal sumur tujuh. Sumur tujuh merupakan salah satu patilasan atau pernah dipakai untuk beribadah Sultan Maulana Hasanuddin Banten. 

Konon katanya, sumur tujuh menjadi sumber mata air ketika Sultan Maulana Hasanddin kehausan seusai berperang melawan Raja Pucuk Umun. 

Saat sultan menancapkan tongkatnya ke tanah, seketika air menyembur dari dalam tanah dan langsung digunakan Sultan untuk menghilangkan dahaga.

Para pendaki yang ingin berkunjung ke sumur tujuh, jarang sekali menemukan airnya. Konon, jika menemukan air tersebut merupakan orang yang beruntung, mitos dari airnya pun memiliki banyak khasiat yang mampu untuk menyembuhkan segala penyakit. 

Almarhum Abuya Uci Turtusi pernah berkata "Jangan ngaku orang Banten kalau belum naik ke Gunung Karang," hal itu yang menjadi daya tarik untuk para pendaki agar mengunjungi Gunung Karang. 

Pendaki lokal asal kampung terdekat Bagas mengatakan, Gunung Karang menyimpan banyak misteri atau mitos yang menarik. 

"Apalagi untuk orang Banten, harus mendaki ke Gunung Karang, rasanya sangat aneh jika orang Banten belum pernah ke Gunung Karang," ujarnya. 

Untuk jalur naik ke Gunung Karang, bisa melewati Kecamatan Kaduengang, Kabupaten Pandeglang, bisa juga jalur alternatif lewat Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang. 

Sebaiknya, jika ingin mendaki Gunung Karang harus lebih berhati-hati, tidak berbicara sembarangan, dan diniatkan untuk hal-hal positif. Karena Gunung Karang itu terkenal dengan misterinya. (ido-genrb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: