Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Guncang Aceh Singkil

Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Guncang Aceh Singkil

-BNPB-

JAKARTA, INFORADAR.ID – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 skala richter mengguncang Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Senin, 16 Januari 2023, sekira pukul 05.30 WIB. 

 

Gempa bumi mengguncang Aceh berpusat pada kedalaman 47 kilometer  Tenggara Kabupaten Aceh Singkil.

 

Gempa bumi di waktu pagi sempat membuat warga setempat panik. Kekuatan gempa lumayan besar dengan lama guncangan dirasakan sekira 3-10 detik. Guncangan gempa dirasakan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Nias Utara, dan Kabupaten Aceh Selatan.

 

Menurut Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan laporan BPBD Aceh Singkil melaporkan telah menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan. 

 

"Tim BPBD menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk pengecekan potensi dampak kerusakan. Aktivitas warga tetap normal pascakejadian ini," katanya melalui situs resmi BNPB.

 

Hingga kini, dilaporkan sementara tidak ada dampak korban jiwa. Adapun berdasarkan rilis dari BMKG, bahwa parameter gempa M6,2 berpusat di laut dengan kedalaman 23 kilometer.

 

"Berdasarkan pemodelannya, gempa ini tidak memicu terjadinya tsunami. Dan BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD setempat dan memonitor situasi pascagempa melalui Pusdalops BNPB," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: