Jembatan Kaca Sepanjang 120 Meter Dibangun di Gunung Bromo

Jembatan Kaca Sepanjang 120 Meter Dibangun di Gunung Bromo

Dua orang pekerja tengah berjalan di jembatan kaca Seruni Point sepanjang 120 meter di Kawasan Taman Nasional Bromo - Tengger - Semeru, Jawa Timur. Foto : Tangkapan Layar Situs Resmi Kementerian PUPR--

JAKARTA, INFORADAR.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jembatan kaca Seruni Point sepanjang 120 meter di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Gunung Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur. 

 

Seruni Point merupakan salah satu tempat  yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya matahari pagi di Kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur.

 

Jembatan kaca Seruni Point membentang sepanjang 120 meter menyebrangi di atas jurang memiliki kedalaman 80 meter.

Pembangunan jembatan kaca sudah selesai dilakukan dan Kementerian PUPR sudah melakukan uji beban (loading test) pada Jembatan Kaca Seruni Point (prototype).

 

Uji beban dilakukan untuk menguji performa stuktur dan keamanan jembatan, sehingga memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi wisatawan setelah dioperasikan nanti. 

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Jembatan Kaca Seruni Point membentang sepanjang 120 meter berada di atas jurang dengan kedalaman sekitar 80 meter. 

 

"Jembatan ini tergolong sebagai jembatan gantung pejalan kaki (suspended cable). Dengan struktur lantai/deck berupa kaca pengaman berlapis (laminated glass) ketebalan masing-masing 12 milimeter dan direkatkan menggunakan lapisan vinyl interlayer," katanya dikutip INFORADAR.ID dari situs resmi Kementerian PUPR, Minggu, 8 Januari 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: