Cemberut Bikin Wajah Cepat Tua?

Cemberut Bikin Wajah Cepat Tua?

ilustrasi-Net-

INFORADAR.ID – Mitos atau fakta nih, jika cemberut dapat membuat  wajah Anda lebih tua. 

Ternyata, sering cemberut memang dapat membuat wajah terlihat lebih tua. Ini terjadi karena ketika Anda cemberut, biasanya akan timbul kerutan pada area dahi.

Menurut Cleveland Clinic seperti dinukil dari hellosehat.com, kebiasaan mengernyitkan dahi dapat membuat kerutan lebih terlihat. Jika terus dilakukan, kerutan tersebut akan bertahan dan membuat Anda terlihat lebih tua.

Seperti yang kita tahu, kerutan merupakan salah satu tanda penuaan. Pada orangtua, kondisi ini terjadi akibat penurunan produksi minyak alami kulit.

Selain itu, beberapa faktor juga berkontribusi dalam munculnya kerutan, antara lain:

• paparan sinar ultraviolet,

• efek penuaan karena merokok, serta

• ekspresi wajah yang menimbulkan garis kerutan, seperti menyipitkan mata, tersenyum, dan cemberut.

 

Bukan hanya kerutan, kebiasaan cemberut juga bisa memicu kemunculan frown lines. Frown lines merupakan garis vertikal yang biasanya muncul pada dahi dekat alis.

Umumnya, garis tersebut akan muncul seiring usia Anda yang bertambah tua. Namun, ekspresi seperti muka cemberut juga bisa berkontribusi pada kemunculan frown lines.

Cara mengatasi penuaan akibat cemberut bisa dilakukan dengan perawatan rumahan. Namun, jika kerutan dan frown lines sudah parah, penanganan medis akan diperlukan.

Berikut sejumlah cara mengatasi penuaan akibat cemberut yang dapat Anda coba.

1. Menjaga kulit tetap terhidrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: