Waspadai Alergi Dingin Saat Musim Hujan

Waspadai Alergi Dingin Saat Musim Hujan

--

INFORADAR.ID - Saat ini Indonesia sudah memasuki musim hujan. Ada banyak hal yang harus diwaspadai supaya kamu tidak alergi dingin.

Alergi dingin biasanya ditandai dengan gejala gatal-gatal, kulit kemerahan atau biduran. Biasanya alergi dingin juga dipengaruhi oleh faktor genetik, tapi kamu juga bisa terserang alergi dingin tanpa ada garis keturunan loh.

Simak ulasan berikut ini yang bisa menyebabkan kamu alergi dingin. 

1. Mengidap penyakit tertentu

Kamu bisa terserang alergi dingin jika kamu mengidap penyakit tertentu. Seperti kanker san hepatitis. Jadi bagi pengidap penyakit, harap waspada yah saat musim hujan

 2. Sistem imun tubuh

Semua orang punya sistem jekebalan tubuh yang berbeda. Alergi dingin bisa terjadi karena reaksi tubuh yang merespon jika hawa atau suhu dingin adalah bahaya. 

Sehingga, sistem imun merespon dengan melepaskan antiboodi, histamine, dan berbagai zat lainnya yang bisa memicu timbulnya gejala.

3. Faktor Usia 

Salah satu faktor yang rentan yakni karena faktor usia. Kebanyakan yang rentan mengalaminya adalah anak-anak dan remaja. Namun kondisi itu tidak selamanya dan bisa menghilang sendirinya ketika beranjak dewasa.

Jika kamu terkena alergi dingin, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk penanganannya.

Kamu bisa mengonsumsi antihistamin bisa menjadi andalan ketika anda akan terpapar udara dingin. Kemudian minum obat sesuai resep dokter. Lalu, melindungi kulit dari perubahan suhu yang berubah secara drastis, misalnya dengan mengecek suhu air atau suhu lingkungan sebelum beraktivitas.

Selanjutnya kamu harus menghindari minuman dan makanan dingin yang bisa memicu terjadinya alergi dingin sehingga bisa menimbulkan bengkak pada tenggorokan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: