Tetap Waspada! Ini Gejala Penyakit Ginjal Kronis

Tetap Waspada! Ini Gejala Penyakit Ginjal Kronis

--- Tangkapan layar P2PTM Kemenkes.RI -----

INFORADAR.ID --- Penyakit gagal ginjal akut yang menyerang anak, baru saja menghebohkan Indonesia. Ditengarai ada unsur kelalaian atau bahkan kesengajaan, produsen obat mencampurkan zat yang melebihi ambang batas, sehingga menyebabkan kematian ratusan anak dalam kurun waktu yang berdekatan. 

Terkait hal tersebut BPOM dan Bareskrim Polri telah melakukan penyelidikan dan telah menetapkan tersangka korporasi dan para pihak yang bertanggung jawab. 

Dikutip dari laman UPK.Kemenkes.go.id, sampai saat ini penyebab gagal ginjal akut yang menyerang anak tersebut, untuk itu hingga kini investigasi masih terus dilakukan Kemenkes bersama IDAI, Badan POM, ahli epidemiologi dan puslabfor serta Bareskrim.

Sebagai bentuk kewaspadaan terhadap potensi gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak, para orang tua diminta untuk tidak panik dan terus memantau perkembangan kesehatan buah hatinya. 

Selain itu, hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui secara pasti gejala dari gagal ginjal akut ini, sehingga proses penanganan yang benar dapat dilakukan sedini mungkin.

Gejala Gagal Ginjal Akut

Berikut ini adalah gejala gagal ginjal akut yang wajib diwaspadai oleh para orangtua, diantaranya adalah:

1. Demam, batuk, Pilek pada anak usia 0 – 18 Tahun

2. Gejala infeksi saluran cerna seperti mual dan muntah

3. Warna urine yang berubah menjadi pekat coklat, dan juga mengalami penurunan jumlah urin, sehingga buah hati tidak buang air kecil sama sekali.

Dengan mengetahui berbagai gejala gagal ginjal akut diatas, diharapkan para orangtua dapat lebih waspada dan bersegera dalam membawa buah hatinya ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami berbagai gejala yang telah disebutkan diatas.

 

 Editor: M Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: