Buka KTT G20, Jokowi: G20 Harus Berhasil

Buka KTT G20, Jokowi: G20 Harus Berhasil

Presiden Jokowi resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali. Foto: --- PMJ News/YouTube Setpres -----

BALI, INFORADAR.ID --- Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Selasa, 15 November 2022, resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di The Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh para pemimpin dunia. Sekaligus optimis bahwa G20 harus berhasil mengatasi problem global yang mengintai dunia. 

"Para pemimpin, selamat pagi, hari ini saya nyatakan KTT G20 dibuka," ujar Jokowi dikutip dari tayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 15 November 2022. 

"Selamat datang di Indonesia, merupakan kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah KTT G20," sambungnya.

Jokowi menyinggung mengenai tantangan krisis luar biasa yang akan dihadapi dunia. Menurut dia, negara berkembang paling terdampak akibat situasi dunia saat ini. Kondisi ini akan memunculkan dampak terhadap ketahan pangan, energi, keuangan.

"Dunia sedang mengalami tantangan luar biasa, krisis demi krisis terjadi, pandemi COVID-19 belum usai, rivalitas terus menajam, perang terjadi, dan dampak berbagai krisis tersebut terhadap ketahanan pangan, energi. keuangan dirasakan dunia terutama negara berkembang," tuturnya.

Jokowi menambahkan bahwa mata dunia tertuju pada pertemuan KTT G20. "Apakah kita akan mencetak keberhasilan? Atau akan menambah satu lagi angka kegagalan? Buat saya, G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal," lanjut Jokowi sebagaimana dikutip dari laman setkab.go.id 

Sebagai presiden G20, Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani perbedaan yang sangat dalam, yang sangat lebar. Namun, keberhasilan hanya akan dapat tercapai jika kita semua, tanpa terkecuali, berkomitmen, bekerja keras, menyisihkan perbedaan-perbedaan untuk menghasilkan sesuatu yang konkret, sesuatu yang bermanfaat bagi dunia.

Ditambahkan Jokowi, Indonesia memiliki 17.000 pulau, 1.300 suku bangsa, serta lebih dari 700 bahasa daerah. Demokrasi di Indonesia berjalan dari tataran tingkat desa, pemilihan kepala desa, sampai tataran negara, pemilihan presiden, gubernur, bupati, dan wali kota. Sebagai negara demokrasi, Indonesia sangat menyadari pentingnya dialog untuk mempertemukan perbedaan, dan semangat yang sama harus ditunjukkan G20.

Pertemuan KTT G20 berlangsung secara tertutup, dimana akan membahas upaya pemulihan ekonomi dengan fokus prioritas pada isu transformasi digital, transisi energi, dan arsitektur kesehatan global.

 

Editor: M Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: