Kemegahan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Simbol Persahabatan Dua Negara

Kemegahan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Simbol Persahabatan Dua Negara

Sesi foto bersama usai peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Senin (14/11/2022). Foto: --- Tangkapan Layar laman setkab.go.id -----

SOLO, INFORADAR.ID --- Senin, 14 November 2022, Masjid Sheikh Zayed, Solo diresmikan. Masjid ikonik ini merupakan simbol persahabatan dua negara

Masjid indah dan megah ini istimewa. Diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ). 

Presiden Jokowi menyambut secara langsung kedatangan Presiden MBZ di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo untuk kemudian bersama-sama menuju masjid raya yang terletak di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo tersebut.

Tiba di masjid, Presiden Joko Widodo dan Presiden MBZ melaksanakan salat sunah Tahiyatul Masjid terlebih dahulu. Selanjutnya, kedua kepala negara melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian masjid. Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon Sala di halaman masjid serta foto bersama. Setelah itu, keduanya meninggalkan area masjid secara bersama-sama.


Presiden Jokowi (kanan) dan Presiden MBZ berjalan menuju Masjid Raya Sheikh Zayed untuk melakukan peresmian bersama, Senin, 14 November 2022. Foto: Humas Setkab -----

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo merupakan replika dari Masjid Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, PEA. Pembangunan masjid yang merupakan hadiah dari MBZ ini dilakukan sejak Maret 2021 lalu.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

TAMPUNG 10.000 JEMAAH

Diberitakan sebelymnya, masjid ini dapat menampung maksimal sekitar 10.000 jemaah. Yang tersebar dari ruangan hingga ke selasar masjid. Dengan jumlah jemaah di dalam ruangan sebanyak 4.000 orang. Dimana terdapat ruangan atas dan bawah,  yang keduanya dapat digunakan untuk aktivitas ibadah.

Bangunan ini memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi. Di dalamnya terdiri dari bangunan masjid, ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, dan basement yang digunakan untuk tempat wudhu putra dan putri. 

Selain itu, disediakan pula area parkir, agar pengunjung yang datang dapat menempatkan kendaraan yang dibawanya pada lokasi yang sudah disediakan. Sehingga, dapat tertata dengan rapi dan menghindari kemacetan lalu lintas, jika berhenti sembarangan di pinggir jalan.

Kemudian, rencana peresmiannya yang rencananya akan dilakukan pada 17 November, kemudian dimajukan pada 14 November 2022 hari ini.

Direncanakan Pangeran Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau yang kerap disapa Pangeran MBZ akan turut hadir untuk meresmikan Masjid Sheikh Zayed ini. Tak hanya itu saja, acara ini juga dihadiri Presiden Joko Widodo, hingga beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Walikota Surakarta mengungkapkan, setelah diresmikan Masjid Sheikh Zayed, baru boleh digunakan oleh masyarakat Kota Solo dan sekitarnya. Baik untuk menyelenggarakan ibadah salat, maupun aktivitas sejenis lainnya. Di samping itu, masjid ini juga dapat menambah tujuan wisata religi di Kota Solo.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: