Poles Lingkungan, Kampung Silebu dan Silegedu Andalkan Partisipasi Warga

Poles Lingkungan, Kampung Silebu dan Silegedu Andalkan Partisipasi Warga

Kades Sasahan Karuji (tiga dari kiri), M Widodo (empat dari kiri) dan Imadul Majdi (empat dari kanan) foto di spot selfie RT 010 Kampung Silegedu. Foto: Dok. Desa Sasahan--

SERANG, INFORADAR.ID --- Untuk memoles dan membenahi Lingkungan Silebu dan Silegedu, RW 04 Desa Sasahan, Kecamatan Waringinkurung, perangkat desa bersama warga bergotong royong melakukan penataan kampung. 

Warga juga melakukan swadaya dengan mengumpulkan dana, untuk keperluan pembelian cat dan lainnya. 

Tak heran, jika RW 04 tampil lebih bersih, berbunga, rapi dan indah dibanding dengan tahun 2021. Tahun 2022 ini Sasahan tampil percaya diri dan jauh lebih segar dari tahun sebelumnya. 

Dalam ajang Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang tahun 2022 ini, dua RT di RW 04 semuanya ditata rapi dengan pagar dan cat di sepanjang jalan dan gang. Pernak-pernik yang membentang di atas jalan dari bahan plastik menambah cantiknya pemandangan.

Begitu juga pekarangan warga tampak bersih. Sampah plastik yang biasanya berserakan tak tampak lagi. 

Tim 5 Juri LKBA yang terdiri dari Imadul Majdi (Kabid PM DPMD) Kabupaten Serang, Ali Sudarsono (Polda Banten) dan M Widodo (Radar Banten). Ketiganya puas dan kagum dengan kekompakan warga dalam menata kampungnya. 

RW 04 terdiri dari dua RT. Yakni RT 010 Kampung Silegedu dan RT 011 Kampung Silebu. Kondisi kampungnya sendiri layaknya permukiman di daerah perbukitan. Jalan dan gang naik turun. Jalan kampungnya sendiri sudah dibeton, sementara gang-gang dipaving-block. 

Beberapa rumah warga dibangun mengikuti konstur alam. Hampir setiap rumah menanam beraneka bunga warna-warni. "Ini kayak di Bandung. Banyak bunga dan kampungnta bersih," kata Ali Sudarsono, juri dari Polda Banten. 

Ali Sudarsono juga mengapresiasi Pos Satkamling RW 04 cukup bagus dan komplit. "Selama beberapa hari keliling desa, baru pos kampling RW 04 Desa Sasahan ini yang komplit fasilitasnya," kata Ali Sudarsono yang suka melontarkan joke-joke segar ini. 

Sementara Imadul Majdi selain salut atas partisipasi warga dalam menata kampung, juga salut atas partisipasi warga dalam berkonstribusi atau iuran warga yang tercatat rapi dipajang di dekat Pos Satkamling. "Ini yang bener. Semua iuran warga berupa uang dan barang, kopi, rokok dicatat semuanya," kata Idi, panggilan akrab Imadul Majdi. 

Sepanjang perjalanan mengelilingi kampung Imadul banyak bertanya terkait dengan penataan kampung yang dinilainya cukup maksimal.


Seorang warga tengah mengolah daun talas beneng menjadi tembakau di Kampung Silegedu, Desa Sasahan, Waringinkurung, Serang. Foto: M Widodo/Radar Banten--

Seperti biasa di desa-desa lainnya, M Widodo berpesan kepada Kades, Ketua RW, para Ketua RT, pemuda dan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan, keindahan, kerapian dan keamanan lingkungan. "Karena kalo indah, rapi dan berbunga yang pertama menikmati adalah warga. Kalo lingkungan bersih, anak-anak akan tumbuh sehat. Tolong kondisi ini tetap dipertahankan," saran M Widodo. 

Menanggapi semua masukan tersebut, Kepala Desa Sasahan Karuji berjanji akan selalu bersama warga menjaga lingkungan agar tetap bersih. Mantan guru Al Irsyad Banten yang sudah mengabdi puluhan tahun ini bangga dengan warganya yang masih menjunjung tinggi gotong royong. "Sehingga tidak sulit bagi pihak desa untuk mengajak warga membenahi lingkungan. Penataan lingkungan in semuanya oleh warga, Pak," kata Karuji yang asli warga Sasahan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: