Selama 44 Tahun, Indonesia Baru Miliki 2.500 Km Jalan Tol

Selama 44 Tahun, Indonesia Baru Miliki 2.500 Km Jalan Tol

Ruas Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 40 kilometer saat ini pembangunannya sudah mencapai 84 persen Foto: --- Laman BPJT Info -----

INFORADAR.ID --- Jalan tol pertama di Indonesia mulai dibangun Tahun 1975 dan mulai beroperasi pada Tahun 1978. Jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Jagorawi. Jalan tol yang memiliki panjang 59 kilometer itu menghubungkan Jakarta - Bogor - Ciawi, Jawa Barat. 

Namun, setelah 44 tahun (dihitung dari tahun 1978) berjalan, Indonesia baru memiliki jalan tol sepanjang 2.500 kilometer.

Jalan tol yang sudah beroperasi dan terbangun itu tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. 

Panjang jalan tol masih akan bertambah untuk beberapa tahun ke depan, mengingat saat ini, pembangunan jalan tol di berbagai provinsi masih berlangsung. 

Dikutip dari laman FB BPJT Info, ruas jalan tol tentunya akan terus bertambah dari percepatan pembangunan ruas-ruas baru yang akan diresmikan dan dioperasikan.

Untuk memastikan kecepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur Jalan Tol tersebut, Kementerian PUPR juga punya 5 (lima) strategi: 1. penyusunan programnya, 2. pengambilan keputusan, 3. Team Work yang solid, 4. kerja 'Rock and Roll', pengawasan yang detail dan konsisten, 5. infrastruktur yang terjamin. 

"Tidak ada satu karya infrastruktur yang dapat di klaim oleh seseorang, namun sesungguhnya setiap karya infrastruktur adalah buah kerjasama tim yang solid," pesan Menteri Basuki yang dibacakan Kepala BPJT Danang Parikesit saat mengisi materi Orasi Ilmiah pada acara Dies Natalis ke-8 Institut Teknologi Sumatera beberapa waktu lalu.

Katanya, seiring dengan kecepatan, juga diperlukan inovasi dalam pembangunan infrastruktur yang memberikan nilai tambah dan sisi lain yang lebih humanis pada setiap infrastruktur yang dibangun. Dimana struktur yang kokoh akan menyatu dengan fungsi utamanya yang didukung oleh elemen estetika.

KALAH DENGAN CHINA

Panjang jalan tol di Indonesia yang baru 2.500 kilometer tersebut, kalah jauh dibanding dengan panjang jalan tol di China.

Padahal Indonesia lebih dulu membangun Jalan Tol Jagorawi. Pada saat yang sama, China sama sekali belum memiliki ruas jalan tol. 

China menurut beberapa sumber kemudian melihat dan meniru Indonesia: membuat jalan tol.

Dalam perjalanannya, China bisa membangun 4 ribu kilometer jalan tol dalam setahun.

Tahun 2022 ini, diperkirakan China sudah memiliki 300 ribu kilometer jalan tol. Sebab, pada tahun 2017, China sudah memiliki jalan tol sepanjang 280 ribu kilometer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: