Polri Tegaskan Tidak Ada Keterlibatan 3 Kapolda Dalam Kasus Tewasnya Brigadir J

Polri Tegaskan Tidak Ada Keterlibatan 3 Kapolda Dalam Kasus Tewasnya Brigadir J

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo Foto: --- Laman PMJ News -----

JAKARTA, INFORADAR.ID --- Tiga Kapolda yang namanya dikait-kaitkan dengan kasus tewasnya Brigadir J dengan tersangka utama Ferdy Sambo boleh bernafas lega. 

Pasalnya, Polri membantah informasi terkait adanya keterlibatan tiga Kapolda dalam rangkaian penyelidikan kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

"Sampai dengan hari ini saya tegaskan kembali dari timsus tidak ada," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Jumat, 23 September 2022. 

Dedi juga menyebut tim khusus tidak mendalami informasi tersebut lantaran dari hasil penyelidikan dan penyidikan tidak ditemukan petunjuk permulaan.

“Tidak ada pendalaman, tidak ada keterkaitannya ya sampai dengan hari ini 3 Kapolda tidak ada kaitannya,” tegasnya sebagaimaba dikutip dari Laman PMJ News, Sabtu, 24 September 2022. 

Timsus sampai saat ini hanya menemukan fakta terkait kasus Brigadir J. Selain itu, Dedi menyebutkan, timsus saat ini juga memiliki 3 fokus untuk dituntaskan.

"Jadi jangan dikait-kaitkan timsus ini fokusnya 3 hal. Pertama segera menuntaskan berkas perkara yang saat ini sedang diteliti di jaksa penuntut umum adalah tersangka Irjen FS Cs, 340 subsider 338 juncto 55 dan 56,” ungkapnya.

"Kemudian berkas perkara Irjen FS dan 6 tersangka lainnya terkait OoJ (obstruction of justice), UU ITE, kemudian juncto pasal 221 dan 223 KUHP serta dari Propam masih memiliki tunggakan 20 sidang kode etik yang harus juga segera dituntaskan,” tandasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, muncul dugaan keterlibatan 3 kapolda dalam menyebarkan berita terkait kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J versi Ferdy Sambo. 

Dari awal kasus pembunuhan Brigadir J ini diumumkan ke publik dugaan keterlibatan para petinggi Polri sudah terendus. Hanya saja, belum didapat konfirmasi yang memadai terkait keterlibatan ketiganya. 

Akan tetapi, Senin, 5 September 2022, Kadiv Humas Pilri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan jika informasi mengenai keterlibatan 3 kapolda tersebut tengah didalami oleh Tim Khusus (Timsus) yang dibentuk Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menangani kasus tewasnya Brigadir J. 

Bocoran mengenai kapolda mana saja juga mulai terungkap ke publik. Bahkan menjadi liputan utama majalah nasional yang terbit awal September 2022 lalu. 

Kapolda mana saja yang diduga terlibat? Diduga ketiga Kapolda itu adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol FI, Kapolda Jatim Irjen Pol NA, dan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol RZ PPS. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: