5 Cara Merawat CVT Motor Matic Agar Tidak Rewel

5 Cara Merawat CVT Motor Matic Agar Tidak Rewel

--

INFORADAR.ID - Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini banyak menggunakan motor matic untuk sarana transportasi. Namun tak jarang bagi pengendara awam yang tidak paham mengenai cara merawat motor matic, kebanyakan hanya mengganti oli dan isi bensin, hanya sekedar motor bisa digunakan.

 

Padahal, ada komponen penting yang harus diperhatikan dan dirawat yaitu Continuously Variable Transmission (CVT) pada motor matic.

 

"Pemilik motor yang mengabaikan perawatan komponen CVT, tidak heran bila sering terjadi masalah pada CVT motor matic seperti bunyi berisik, tidak bertenaga, dan kerusakan lainnya," ucap Agus Fathoni, salah seorang montir bengkel di Kota Serang.

 

CVT adalah alat penggerak otomatis pada motor matic. Perawatan pada CVT ini harus rutin dilakukan untuk menjaga performa, mengapa? Karena komponen ini memiliki fungsi yang sangat vital, yakni berfungsi meneruskan putaran mesin ke roda belakang, sehingga motor matik dapat berjalan dengan normal.

 

Berikut hal yang perlu diketahui tentang bagaimana cara merawat CVT motor matic agar selalu dalam keadaan baik dan nyaman saat digunakan menurut Agus.

 

1. CVT harus Bebas dari debu, oli dan air

 

Memperhatikan perawatan pada komponen CVT terutama filter CVT. Filter CVT dapat terkena air hujan saat musim hujan dan dapat berdebu saat musim kemarau. Lakukan pemeriksaan dan pembersihan filter CVT setiap 1.000 km.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: