I Dewa Ayu dari Jateng Bertugas sebagai Pembawa Bendera Merah Putih

I Dewa Ayu dari Jateng Bertugas sebagai Pembawa Bendera Merah Putih

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, pelajar SMAN 2 Kudus (kiri) bertugas sebagai pembawa bendera merah putih pada upacara HUT ke 77 Kemerdekaan RI tahun 2022 di Istana Merdeka. Foto: BPMI Setpres--

JAKARTA, INFORADAR.ID --- Salah satu fokus masyarakat saat menyaksikan upacara hari ulang tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan RI setiap tahun di Istana Merdeka, Jakarta adalah tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Derap geraknya yang kompak. Penampilannya yang gagah dan anggun serta seragamnya yang keren menjadi daya tarik bagi siapapun yang menyaksikan. 

Wajar saja, pasukan Paskibraka tersebut sudah digembleng dan ditempa khusus sebuah lokasi di Cibubur, Jakarta Timur sebulan lebih. 

Nah, untuk Paskibraka tahun 2022 yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022, telah ditentukan. 

Tim Pancasila Tangguh, demikian nama yang disematkan, didaulat untuk bertugas pada upacara tersebut.

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Ia bersama tim telah sukses melaksanakan tugasnya mengibarkan bendera sang saka merah putih. 

PRESIDEN PIMPIN UPACARA

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Agustus pagi.

Pada upacara tahun ini, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Provinsi Banten.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka sang merah putih dan naskah teks proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 belas kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti membacakan naskah proklamasi yang pada 77 tahun silam diucapkan oleh Proklamator Ir. Soekarno.

Selanjutnya, Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kemudian memandu pembacaan doa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: