Haid Terasa Nyeri, Segera Minum Daun Suji

Haid Terasa Nyeri, Segera Minum Daun Suji

Daun suji berkhasiat mengobati nyeri saat haid.--

INFORADAR.ID-Daun Suji ialah salah satu tumbuhan memiliki kandungan senyawa bioaktif flavonoid dan polifenol. Sehingga digunakan dalam pengobatan tradisional karena dipercaya berkhasiat mengatasi beragam gangguan kesehatan

Berdasarkan keterangan, Alodokter.com yang dikutip INFORADAR.ID, bahwa Daun Suji dapat digunakan sebagai pewarna makanan dan memberi aroma harum yang kuat dan khas pada makanan serta menjaga kesehatan tubuh. 

Daun Suji kaya akan kandungan klorofil yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan sendiri diketahui dapat mencegah kerusakan sel tubuh yang menyebabkan penuaan dini.

Klorofil juga banyak digunakan untuk mengatasi atau mencegah beberapa penyakit, seperti arthritis, sembelit, kelelahan kronis, atau obesitas.

Selain itu, daun suji juga mengandung senyawa bioaktif, seperti alkaloid, flavonoid, tanin, terpenoid, saponin, polifenol, dan glikosida. Senyawa bioaktif tersebut berperan sebagai antiradang, antinyeri, antibakteri, dan antijamur. 

Daun Suji dipercaya berkhasiat meredakan nyeri haid diakibatkan dari meningkatnya hormon prostaglandin selama haid.

Hormon prostaglandin dapat memicu kontraksi otot rahim yang menimbulkan peradangan dan nyeri haid.

Dalam Daun Suji juga mengandung senyawa saponin yang berkhasiat meredakan peradangan sehingga dipercaya mampu mengurangi nyeri saat haid.

Daun Suji juga berkhasiat mengatasi masalah pernapasan, seperti sesak napas dan penderita asma dan batuk. 

Berdasarkan hasil penelitian bahwa ekstrak daun suji dapat menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk bakteri Strepcoccus pneumoniae penyebab pneumonia dan bakteri Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC.

Selain itu, Daun Suji, meredakan gejala syok anafilaktik. Ialah gejala reaksi alergi berat dan mengancam jiwa yang disebabkan oleh respons berlebihan sistem imun tubuh terhadap suatu senyawa pada makanan atau obat-obatan. Gejalanya bisa berupa sulit bernapas, wajah membengkak, pening, hingga kehilangan kesadaran.

Khasiat lain dari Daun Suji adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak daun suji bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol darah hingga 50 persen.

Sehingga dapat terlindungi dari serangan penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: