Pelihara Kucing, Lakukan Ini Untuk Meminimalisir Penyakit

Pelihara Kucing, Lakukan Ini Untuk Meminimalisir Penyakit

Ilustrasi Foto Pixabay--

INFORADAR.ID-Tingkah unik, lucu sekaligus menggemaskan menjadikan kucing salah satu hewan peliharaan favorit. Belum lagi warna dan bulunya yang menambah daya tarik. Dibalik tingkah lucu kucing, ternyata ada berbagai ancaman penyakit dari hobi memelihara kucing

Ancaman kesehatan ini berasal dari kuku, mulut, hingga bulu kucing itu sendiri. Mulai dari penyakit cakar kucing hingga toksoplasmosis yang berasal dari parasit toxoplasma gondii. Namun, risiko bahaya kesehatan ini dapat diminimalisir. 

Dikutip dari alodokter.com, ada beberapa langkah yang harus dilakukan penghobi agar meminimalisir dari risiko penyakit tersebut. 

1. Bersihkan Diri 

Terkadang Anda tidak dapat menahan untuk menyentuh kucing kesayangan. Apalagi, kucing memperlihatkan tingkah lucu dan uniknya. Selesai bermain dengan hewan peliharaan Anda, jangan lupa untuk selalu bersih-bersih. Cucilah tangan Anda dengan sabun dan air yang bersih. 

Untuk Anda yang memiliki anak, pastikan tidak bermain di lokasi yang mudah terkontaminasi kotoran kucing.

2. Bersihkan Kucing dan Kandangnya. 

Kebersihan adalah kunci utama dalam memelihara hewan, tidak hanya kucing. Untuk itu, kesehatan hewan peliharaan Anda juga harus tetap dijaga. Mandikan secara rutin kucing kesayangan Anda. Apalagi sekarang sudah banyak produk yang menawarkan shampo khusus untuk kucing. Hal ini penting untuk mencegah berkembangnya bakteri, parasit, dan jamur pada tubuh kucing. 

Namun, bagi ibu hamil tetap tidak disarankan untuk memandikan kucing. Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk melakukan hal tersebut agar terhindar dari bahaya bulu kucing.

Kebersihan kandang kucing juga harus dijaga. Kandang kucing harus memiliki sirkulasi udara yang cukup agar tidak menimbulkan bau pada ruangan. Semprotkan cairan desinfektan pada setiap sisi kandang. Dan jangan lupa sikat hingga bersih setiap sisi kandang. 

3. Jangan Tidur Bersama Kucing

Kebiasaan sulit dihindari bagi penghobi kucing adalah untuk tidak tidur bersama. Ada baiknya ada pembatasan area tertentu di rumah, terutama kamar tidur,  dimasuki oleh kucing. Karena bulu kucing dapat rontok dan menempel di seprai serta selimut.

Terakhir, berikan vaksin dan periksakan secara rutin kesehatan kucing Anda ke dokter hewan. Pemberian vaksin dapat melindungi kucing Anda dari infeksi virus dan bakteri.

Ada baiknya langkah tersebut dicoba, tanpa harus menghalangi hobi untuk memelihara kucing sekaligus tetap menjaga kesehatan Anda dan keluarga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: