Hindari Penggunaan Earphone, Bisa Sebabkan Tuli Permanen

Hindari Penggunaan Earphone, Bisa Sebabkan Tuli Permanen

Ilustrasi fungsi telinga.-Tangkapan Layar Situs Resmi Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret-

JAWATENGAH,INFORADAR.ID- Telinga merupakan salah satu organ penting bagi manusia karena berfungsi sebagai pendengaran. Telinga sangat berguna untuk proses komunikasi dan juga sebagai organ keseimbangan bersama dengan mata, persendian, otot dan kulit.

 

Telinga luar terdiri dari daun telinga dan liang telinga yang bertugas menentukan arah lokasi suara, mengumpulkan dan menyalurkan gelombang suara ke gendang telinga.

 

Telinga itu terdiri dari rumah siput (koklea) yang berfungsi merubah energi atau gelombang suara menjadi impuls listrik dan meneruskannya melalui saraf pendengaran ke otak sehingga otak dapat memproses informasi yang terkandung di dalam bunyi tersebut, selain itu di telinga dalam juga terdapat organ kanalis semi sirkularis yang berfungsi sebagai organ keseimbangan.

 

Pada saat telinga mengalami gangguan pendengaran, akan menghambat proses komunikasi. Bilamana terjadi pada orang dewasa akan membuat kesalahpahaman dengan lawan bicara. Kemudian pada anak-anak akan mengganggu proses belajar yang berakibat penurunan prestasi. 

 

Sedangkan kalau gangguan pendengaran pada bayi atau tuli bawaan lahir akan menyebabkan telatnya berbicara. 

Gangguan pendengaran atau tuli terbagi menjadi 3 jenis yaitu tuli konduksi, tuli saraf dan tuli campur. 

 

Gangguan pendengaran atau tuli, dikutip INFORADAR.ID, dari situs resmi Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret, bisa disebabkan karena bawaan lahir atau kongenital. 

 

Gangguan pendengaran juga bisa juga karena tuli yang didapat yaitu karena proses peradangan dengan berbagai sebab karena benda asing atau kotoran telinga di liang telinga, trauma atau perlukaan pada telinga. Serta adanya kerusakan saraf pendengaran karena paparan bising dan zat yang merusak saraf pendengaran, tumor pada daerah telinga dan proses penuaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: