Sejarah Mathla'ul Anwar Kepuh, Pendiri, dan Tokoh yang Berjasa Membangunnya

Sejarah Mathla'ul Anwar Kepuh, Pendiri, dan Tokoh yang Berjasa Membangunnya

Perguruan Mathla'ul Anwar Kepuh di Kampung Kepuh, Desa Bantarwaru, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.--

Oleh: Zainul Arifin, M.Pd*

Mathla’ul Anwar Kepuh di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang berdiri tahun 1918, cabang kedua dari Mathla’ul Anwar Menes Pandeglang yang berdiri pada 1916.

Mathla’ul Anwar Kepuh didirikan oleh para kiai serta tokoh masyarakat yang berada di daerah Kampung Kepuh dan sekitarnya. Sejak awal Mathla’ul Anwar bergerak dalam bidang pendidikan, dakwah, dan sosial.

Perlu diingat Mathla’ul Anwar Kepuh adalah ormas yang mendirikan sekolah dengan sistem klasikal modern di wilayah Cinangka khususnya dan umumnya Kabupaten Serang.

Pendidikan yang diterapkan di Mathla’ul Anwar Kepuh saat itu, tahun 1960, namanya MWB (Madrasah Wajib Belajar). Sistemnya mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. 

Tenaga pendidik/guru yang melakukan pengajaran di Madrasah Mathla’ul Anwar Kepuh berasal dari Mathla’ul Anwar Menes, atas perintah Ki Abdurahman, sebagai pendiri Mathla'ul Anwar. Diutuslah beberapa guru yaitu  : 

• Ki Abeh (Harbi) bin Ki Abdurrahman

• Ki M. Sidik ( Sapijan ), Sepulangnya dari mengajar beliau berdagang hingga memiliki istri namun tidak dikaruniai keturunan, kemudian beliau melanjutkan berdagang ke Karawang dan Singapura.

• Ki Abidin, beliau punya murid yaitu KH.Abul Syukur, (Kepuh) KH. Hasyim (Nangkaberit), KH Samsudin (Kubang Karees, KH. Abdul Latif (Babakan). 

• Ki Ahmad Salmani, di samping mengajar  beliau juga memiliki keahlian menjahit maka sepulangnya dari mengajar setiap harinya beliau isi dengan kegiatan menjahit.

Sejak awal berdirinya Mathla’ul Anwar Kepuh telah mekasanakan misi pendidikan, sosial dan dakwah di wilayah Kecamatan Cinangka khususnya, dan Kabupaten Serang pada umumnya. Dimulai dari pengajian-pengajian hingga mendirikan lembaga pendidikan formal dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). 

Dari awal berdirinya pendidikan Mathla’ul Anwar Kepuh memiliki fungsi untuk mencerdaskan ummat manusia dan bangsa sehingga menjadi terhormat dalam pergaulan berbangsa dan beragama, serta untuk memberikan wawasan yang plural sehingga mampu menjadi penopang kemajauan pembangunan agama dan bangsa. 

Selain madrasah, pendidikan lain yang dikelola oleh Perguruan Mathla’ul Anwar Kepuh adalah pesantren, dengan segala dinamikanya, keberadaan pesantren telah memberikan sumbangan besar yang tidak ternilai harganya dalam mencerdaskan anak bangsa, menyuburkan tradisi keagamaan yang mampu berbaur dengan masyarakat berbekal ilmu-ilmu agama yang kuat serta menciptakan generasi yang berakhlak karimah.

Pendidikan pesantren dirancang dan dikelola untuk menumbuh kembangkan umat yang memiliki kemandirian yang luar biasa, juga  mengembangkan ilmu (agama) demi mewujudkan insan sholeh-sholehah yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: