Apakah Sereal Termasuk Menu Sarapan Sehat? Begini Penjelasannya

Apakah Sereal Termasuk Menu Sarapan Sehat? Begini Penjelasannya

--

INFORADAR.ID - Apakah sereal itu menu sarapan sehat yang pantas menjadi sajian pembuka di pagi hari? Simak dalam ulasan berikut ini.

Menu sereal umumnya terbuat dari biji gandum pilihan yang diolah menjadi tepung bersama dengan gula dan air, lalu dimasak. Sereal juga melalui proses ekstrusi dan pengeringan. Hingga akhirnya dipadatkan dan dibentuk menjadi berbagai macam potongan yang menarik sebelum nantinya dikeringkan.

Sereal sering dianggap sebagai menu sarapan sehat karena terkadang sereal diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral yang membuatnya bernutrisi. 

Sarapan sereal sebenarnya baik, apalagi jika ditambah dengan susu, maka akan menambah pasokan kalsium, vitamin D, dan nutrisi sehat lainnya bagi tubuh.

Namun, tahu enggak sih kebanyakan sereal yang dijual sekarang ini telah diberi tambahan gula yang cukup tinggi. Itu sebabnya, sereal sudah tidak lagi dianggap sebagai menu sarapan sehat karena mengandung gula yang tinggi dan dapat memicu naiknya gula darah. Jika gula darah terus-terusan naik, kamu akan beresiko mengalami penyakit diabetes.

Selain mengandung gula tambahan yang cukup banyak, tidak sedikit juga produk sereal yang diberi sejumlah pewarna buatan, penyedap, serta natrium dalam jumlah yang terbilang tinggi, dilansir dari laman Healthy Eating.

Jika tetap ingin sarapan sereal, apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya, menyelipkan sereal sebagai menu sarapan sehat bukanlah ide yang buruk. Hanya saja, akan lebih baik bila kamu menyelinginya dengan makan menu makanan lain yang padat nutrisi. Namun, bila sereal tetap menjadi menu pilihan di pagi hari, sebaiknya perhatikan komposisi dalam satu mangkuk sereal kamu.

Demi bisa makan menu sarapan sehat, kamu bisa menambahkan irisan buah dan menggunakan susu, entah itu susu full cream atau susu skim yang rendah lemak. Hindari konsumsi susu kental manis sebagai campuran sereal, karena kandungan gula yang cukup tinggi.

Yang tak kalah penting, kamu juga harus lebih bijak saat hendak membeli sereal untuk sarapan. Nah, untuk membantu kamu dalam memilih produk sereal yang terbaik, beberapa tips ini mungkin bisa dicoba:

Cermati daftar komposisi bahan

zat aditif pada makanan

Jangan hanya berpatokan pada klaim kesehatan yang terpampang di bagian depan produk. Pastikan Anda juga selalu memeriksa semua daftar komposisi bahan, terutama dua atau tiga bahan di urutan awal karena biasanya yang paling banyak terkandung dalam produk sereal.

Perhatikan kandungan gula

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: