Merekayasa Ayam Potong/Negri, agar Rasanya Seperti Ayam Kampung

Merekayasa Ayam Potong/Negri, agar Rasanya Seperti Ayam Kampung

--

INFORADAR.ID - Selama ini banyak rekan kita, saudara atau tetangga yang berkeinginan untuk mengisi waktu luang dengan beternak. 

Mereka rata-rata langsung mengemukakan keinginannya untuk beternak ayam kampung atau potong. Ada juga yang ingin budidaya lele, mujair, patin atau lainnya.

Kalau hanya untuk mengisi waktu luang, tidak ada salahnya mencoba keinginannya itu. Sebab, dari mencoba itu, akan diketahui kendala-kendala yang ada dan akan didapat cara benar beternak yang efektif. Syukur-syukur bisa menghasilkan cuan.

Nah, selama ini sering kita dengar, orang yang mau beternak ayam kampung kesulitan mendapat bibit yang sehat dan bagus. Kalaupun kemudian dapat beberapa ekor ayam, biasanya dibeli dari berbagai tempat. Nah, ini rentan terkena penyakit dan biasanya berakhir fatal. Ayam yang baru dibeli mati semua. Sayang kan? 

AYAM POTONG SERASA AYAM KAMPUNG 

Ada cara efektif yang boleh Anda coba. Yaitu memelihara ayam potong atau ayam negri agar rasa dagingnya seperti ayam kampung. 

Caranya mudah. Pertama, yang penting kita punya lahan terbuka. Syukur ada rumputnya. Kedua, beli ayam yang baru berumur lima atau 10 hari. Biasanya banyak dijajakan di tempat/pasar penjualan unggas. 

Selama 1 - 15 hari perlakukan seperti hanya memelihara ayam potong. Ditaruh di dalam kandang, dikasih lampu penerangan. Dan, diberi makan ayam pur. 

Setelah berumur 15 hari dan tampak sehat, dicoba dilepas dari kandang dan dibiarkan bermain di halaman dan udara terbuka. Biasanya kalau sehat, ayam-ayam ini akan berlari kesana kemarin. 

Nah, dari sinilah ayam potong ini mulai diperlakukan agak berbeda agar menghasilkan daging yang rasanya seperti daging ayam kampung. Yaitu dari asupan makan. 

Ketika sudah dilepas, makanan pur dikurangi. Sebagai gantinya, diberikan tambahan makanan jagung yang digiling agak lembut. Di pasar banyak tersedia. Sesuaikan dengan umurnya. Selain jagung bisa ditambahkan makanan lainnya. 

Kalau ayam-ayam tersebut sudah dapat menyesuaikan dengan makanan barunya, jangan lagi dikasih pur. 

Setelah tidak diberi makanan pur, pertumbuhan ayam agak lambat. Tapi, jangan salah, badannya lebih berisi dan padat. 

Ayam potong atau biasa disebut ayam negri, umur 30 hari, biasanya sudah dipanen dan layak konsumsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: