Lima Kesalahan yang Harus Dihindari Youtuber Pemula

Lima Kesalahan yang Harus Dihindari Youtuber Pemula

Rahmat Heldy HS--

INFORADAR.ID Banyak orang menganggap bahwa youtube akan membuat cepat kaya. Gampang cari uang bahkan tidak sedikit yang meninggalkan pekerjaan utama mereka dan memilih menjadi conten creator youtube.

Padahal sesungguhnya, berdasarkan pengakuan seorang Youtuber asal Kecamatan Waringinkurung, Rahmat Heldy HS yang memiliki 34 ribu subscriber, membangun chanel Youtube tidak semudah yang dibayangkan. 

Menurut ayah tiga anak itu, hal ini merupakan persepsi yang salah karena banyak orang melihat figure seperti Atta Halilintar, Rafi Ahmad, Dedy Corbuzer, Ria Ricis dan lain sebagainya yang bergelimang harta dari Youtube. 

Faktanya, untuk bisa mendapat seribu subscribe dan empat ribu jam tayang sebagai sayarat utama monetisasi chanel youtube, susahnya minta ampun. 

Akhirnya banyak orang memilih jalan singkat dengan membeli jam tayang dan juga membeli subscribe. Belum lagi seabreg peraturan youtube yang jika dilanggar bisa membuat channel Youtube tidak bisa dimonetisasi bahkan notifikasi iklannya berwarna kuning hingga merah pertanda adanya sanksi dari pihak youtube. 

Selain itu, agar membuat tampilan konten menarik pun perlu memperhatikan beberapa hal . Mulai dari tema konten, editing, thumbnail, musik sampai pemahaman algoritma Youtube.

Maka dari itu, berdasarkan keterangan yang terhimpun, ada lima kesalahan yang harus dihindari Youtuber pemula.

Pertama, Youtuber pemula memiliki semangat di awal, tetapi, ketika tahu bahwa dolar sangat sulit didapat akhirnya tidak semangat lagi. Pada akhirnya Youtube ditinggalkan atau akun youtube dijual. Padahal menjadi youtuber itu persis seperti penulis, perlu mencari pelanggan atau penggemar. Dan harus mengetahui pasar penonton conten yang kita buat.

"Jadi jangan setengah-setengah, harus totalitas," katanya.

Yang kedua, lanjut Rahmat, jangan mengisi konten Youtube yang campur aduk alias gado-gado. Youtuber pemula harus tahu. Bahwa mesin youtube mempunyai mesin algoritma. 

Jika kita ingin penonton tetap dan direkomendasikan Youtube, seornag youtuber harus fokus pada satu tema conten yang konsisten. Lebih bagus lagi sesuai dengan fashion.

Kesalahan ketiga, Youtuber pemula suka mengambil bacsound music atau video orang lain. Padahal youtube menginginkan musik dan video original. Jika kita tidak memahami editing. Maka siap-siap baik music atau video milik orang akan kena claim hak cipta. 

"Bisa dolarnya kuning atau video kita hilang. Jika terus-terusan maka channel kita yang dihapus Youtube," tuturnya.

Terakhir, Rahmat berpesan, Youtuber pemula sebaiknya belajar ilmu Youtube terlebih dahulu sebelum membuat konten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: