Lima Tips Cerdas Memilih Perguruan Tinggi Swasta 

Lima Tips Cerdas Memilih Perguruan Tinggi Swasta 

Ilustrasi.--

INFORADAR.ID - Kegagalan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang baru saja berlangsung, tak harus membuat  orang tua dan anak putus asa. 

Memang, masuk PTN selalu jadi impian. Ada anggapan, pamor dan strata sosial berstatus sebagai mahasiswa PTN lebih jika dibandingkan perguruan tinggi swasta (PTS). 

Bukan berarti, menjalani kuliah di PTS akan kalah bersaing dengan PTN. Karena, saat ini persaingan untuk lulusan perguruan tinggi sangat terbuka lebar. 

Tentu, PTN atau PTS ketika lulus akan berstatus sama, yaitu Sarjana. inforadar.id merangkum dari berbagai sumber lima tips cerdas  untuk memilih PTS cocok anda melanjutkan kuliah. 

1. Akreditasi 

Akreditasi merupakan standardisasi mutu perguruan tinggi atau kampus yang dilakukan pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Idealnya, akreditasi ini akan menentukan sebuah perguruan tinggi berkualitas atau tidak. Berikut pengelompokan Akreditasi. Yakni, Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (kurang), dan belum terakreditasi.

Untuk melihat peringkat akreditasi suatu perguruan tinggi bisa dilihat di website resmi BAN-PT. Akreditasi untuk Kampus, Fakultas dan Program studi. Mudah bukan?

2. Biaya Perkuliahan 

Orang memilih PTN karena dianggap lebih murah ketimbang PTS. Tentu, hal ini tak bisa dianggap sepenuhnya benar dan salah. 

Ada PTS menawarkan fasilitas yang sangat baik, sehingga biaya kuliahnya pun lebih mahal. Tapi, banyak juga PTS dengan biaya kuliah lebih murah dan peluang beasiswa terbuka bagi para mahasiswa. 

Persaingan semakin ketat, menuntut PTS berinovasi untuk memberikan layanan pembiayaan yang terjangkau. Baik itu dari total biaya sampai dengan metode pembayaran. 

3. Fasilitas 

Fasilitas kerap kali menjadi persoalan dalam menentukan pilihan ke PTS. Makanya, anda harus datang dan melihat langsung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: