Lima Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Lima Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Ilustrasi.--

INFORADAR.ID - Memberikan pendidikan pada anak menjadi kewajiban bagi tiap orang tua. Tujuannya, agar anak menerima pendidikan dan tumbuh di lingkungan yang diharapkan. 

Fasilitas pendidikan kini, hampir merata di tiap daerah. Baik negeri dan swasta. Mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA sampai dengan Kuliah. 

Banyak orang tua takut salah dalam menyekolahkan anak, karena berbagai macam pertimbangan. Seperti, tawuran dan praktik kenakalan remaja lainnya.

Alasannya, karena pada saat sekolah, anak tidak hanya belajar dengan guru. Interaksi dengan temannya di sekolah perlu menjadi perhatian. 

Tak hanya itu, saat ini masih ada orangtua yang mengabaikan pendidikan untuk anak-anaknya. Sikap asal sekolah pun masih banyak ditemukan di sekitar kita. 

Mengantisipasi hal tersebut, tentu banyak cara. Orang tua perlu melakukan berbagai pendekatan agar pendidikan anak berjalan sesuai harapan. 

Nah, bagi anda para orang tua yang masih kebingungan, inforadar.id merangkum lima tips memilih sekolah terbaik untuk anak-anak yang diperoleh dari berbagai sumber. 

1. Akreditasi Sekolah 

Akreditasi sekolah merupakan hasil penilaian yang dilakukan pemerintah untuk memotret secara utuh kondisi pendukung sekolah, melalui Badan Akreditasi Nasional.

Jika sekolah memenuhi syarat dari pemerintah, mulai dari pelayanan sekolah, sistem pembelajaran yang bagus dan lainnya, maka sekolah tersebut berhak mendapatkan akreditasi A.

Untuk mengetahui hal ini bisa dilakukan dengan melakukan pencairan di website sekolah atau Badan Akreditasi. Kemudian, bisa ditanyakan langsung ke pihak sekolah. 

2. Jarak Tempuh

Jarak tempuh dari rumah ke sekolah menjadi hal utama yang perlu dipertimbangkan orangtua ketika memilih sekolah, khususnya anak PAUD, TK dan SD. 

Jarak tempuh yang terlalu jauh, membuat anak kelalahan selama perjalanan. Hal ini memiliki dampak yang buruk terhadap anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: