Menelisik Sejarah Nasi Gonjleng, Menjadi Media Pemersatu Keluarga

Menelisik Sejarah Nasi Gonjleng, Menjadi Media Pemersatu Keluarga

Koki Cafe Konter Nasi Gonjleng Reni Nur Amalia menunjukan nasi gonjleng buatannya.--

PANDEGLANG, INFORADAR.ID - Nasi gonjleng merupakan masakan olahan nasi yang ditambahkan dengan bumbu rempah. Sehingga membuat cita rasanya menjadi lebih enak. Nasi gonjleng ini sudah menjadi makanan olahan nasi khas dari warga Banten umumnya dan khususnya warga Kabupaten Pandeglang. 

Nasi gonjleng ini banyak disajikan dan menjadi menu utama dikalangan santri serta masyarakat di saat momen tertentu. Yaitu pada saat acara kunpul bareng keluarga, kerabat maupun bersama teman. Adapun bila menelisik dari sejarahnya tidak banyak yang mengetahuinya karena nasi gonjleng ini sudah ada secara turun temurun dikalangan masyarakat Banten. 

"Saya sendiri tidak mengetahui secara pasti sejarah pasti pembuat nasi gonjleng. Tapi secara turun-menurun nasi gonjleng ini menjadi sajian favorit di keluarga dan kalangan santri," kata warga Pandeglang Cepidian kepada INFORADAR.ID, Kamis (9/6).

Menurut Cepidian, nasi gonjleng itu menjadi sajian favorit karena memang cita rasanya memiliki khas tersendiri. Sehingga membuat orang sudah mencicipi ingin kembali mencicipinya. 

"Jadi nasi gonjleng ini menjadi media pemersatu keluarga, kerabat, serta teman. Sebab dengan kita ajakin masak nasi gonjleng banyak orang tertarik untuk datang berkumpul," katanya.

Selain itu, nasi gonjleng juga menjadi sajian pavorit dikalangan santri serta warga. Kalau dikalangan santri, khususnya santri salafi menjadi menu makanan yang hampir disajikan setiap hari dan pada saat acara tertentu. 

"Bahkan nasi gonjleng ini dikalangan masyarakat banten menjadi sajian saat ronda malam ataupun seusai melaksanakan kegiatan gotong-royong. Jadi bagi saya masak nasi gonjleng ini menjadi media pemersatu dalam upaya meningkatkan silaturahmi serta tali persaudaraan diantara sesama," katanya. 

Sementara itu menurut Koki Cafe Konter Nasi Gonjleng Reni Nur Amalia juga sama, ia tidak mengetahui secara pasti sejarah dari nasi gonjleng. 

"Yang saya ketahui bahwa nasi gonjleng ini merupakan masakan olahan nasi khas yang berasal dari sekitar wilayah Banten. Sudah menjadi bagian dari tradisi karena memang hampir di setiap kota dan kabupaten termasuk di Kabupaten Pandeglang sajian nasi gonjleng menjadi makanan yang di favoritkan," katanya. 

Nasi gonjleng ini dari segi rasa memang membuat orang menjadi kangen ingin kembali mencicipinya. Sebab secara histori nasi gonjleng ini ada dan disajikan saat sedang kumpul bareng keluarga, kerabat, dan teman. 

"Sehingga membuat kangen banyak orang dan lagi dari cita rasanya juga enak. Jadi membuat kita ketagihan, makanya tidak lengkap rasanya kalau saat kumpul tidak makan nasi gonjleng" katanya. 

Masak nasi gonjleng ini menjadi berbeda dengan nasi bisa karena memang mengolahnya dengan menambah bumbu rempah. Diantara menggunakan daun salam dan sereh. 

"Untuk membuat nasi menjadi wangi dan sedap. Sehingga memiliki cita rasa khas saat menyentuh lidah," katanya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: