Heboh Penyakit Cacar Monyet, Inilah Ciri-ciri dan Cara Pengobatannya

Heboh Penyakit Cacar Monyet, Inilah Ciri-ciri dan Cara Pengobatannya

dr Mohammad Syahril, Juru Bicara Kemenkes RI -Foto: Screenshoot akun resmi FB Kemenkes RI-

SERANG, INFORADAR.ID - Kasus penyakit cacar monyer makin mengkhawatirkan negara-negara di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan sedikitnya 257 kasus cacar monyet terkonfirmasi dan 120 suspect pada 23 negara non-endimeik.

Bagaimana di Indonesia? Dari keterangan Kementerian Kesehatan, hingga saat ini belum ditemukan ada kasus cacar monyet. 

Dilansir INFORADAR.ID dari akun Facebook Kementerian Kesehatan RI, Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengatakan belum ada laporan kasus cacar monyet (monkeypox) di Indonesia. Kemenkes tetap melakukan sejumlah kewaspadaan untuk mencegah terjadinya penularan di Indonesia.

 

“Hingga saat ini belum ada kasus (cacar monyet) yang dilaporkan dari Indonesia,” katanya pada konferensi pers secara virtual di Jakarta. 

 

Kementerian Kesehatan tetap melakukan kewaspadaan dengan memperbarui situasi dan frekuensi question (FAQ) terkait monkeypox yang dapat diunduh melalui https://infeksiemerging.kemkes.go.id/.

 

Kemenkes juga menyiapkan surat edaran untuk meningkatkan kewaspadaan di setiap wilayah melalui dinas kesehatan, kantor kesehatan pelabuhan, dan rumah sakit. Revisi pedoman pencegahan dan pengendalian cacar monyet pun dilakukan untuk menyesuaikan situasi dan informasi baru dari WHO, khususnya mengenai surveilans, tatalaksana klinis, komunikasi risiko, dan pengelolaan laboratorium.

 

Cacar monyet disebabkan oleh virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang bersifat highlipatogenik atau zoonosis. Virus Ini pertama kali ditemukan pada monyet di tahun 1958, sedangkan kasus pertama pada manusia (anak-anak) terjadi pada tahun 1970.

 

Penularan melalui kontak erat dengan hewan atau manusia yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi virus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: