Sungai Aaree dan Negara Swiss yang Pemandangannya Indah Bak Surga Dunia

Sungai Aaree dan Negara Swiss yang Pemandangannya Indah Bak Surga Dunia

Para wisatawan sedang berenang di Sungai Aaree. -Foto: Screenshoot video yang sedang viral-

INFORADAR.ID - Dalam dua hari ini jagad maya dihebohkan dengan hilangnya anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz karena terseret arus saat sedang mandi bersama adik dan seorang rekannya di Sungai Aaree, Swiss. Hingga berita ini diturunkan belum diperoleh informasi tentang keberadaan Emmeril.

 

Penulis sendiri begitu mengetik nama: Sungai Aaree di mesin pencarian google langsung tersaji ribuan info mengenai Sungai Aaree, yang merupakan sungai terpanjang di Swiss. Konon panjangnya mencapai 295 kilometer atau 183 mil.

Tak hanya itu, puluhan mungkin ratusan atau ribuan media online Indonesia langsung menyajikan info singkat mengenai Sungai Aaree ini. 

Sehingga dalam sekejab, warganet langsung mengenal tentang Sungai Aaree: Letaknya, panjangnya, arusnya, pembangkit listriknya, dan lainnya.

Penulis akan menyajikan tulisan yang sedikit melebar dari sekedar Sungai Aaree. Kalau boleh dibilang tentang Negara Swiss secara keseluruhan: geografinya, demografi, letaknya. Dan, netralitasnya yang tetap terjaga hingga saat ini. 

 

LETAK SWISS

 

Penulis dan beberapa Direksi Radar Banten pernah mengunjungi Swiss dalam lawatannya sepuluh hari ke Eropa pada akhir Tahun 2017. Di antaranya adalah Pak Priyo Susilo, Pak Mashudi, Pak Taufik Rohman. Kami pernah menginap di Kota Luzen. Kota besar dan kota pariwisata di Swiss bagian tengah. Kota ini terletak di pinggiran Danau Luzern, danau terbesar keempat di negara tersebut. 

Pada pagi harinya, kami berempat melanjutkan perjalanan ke Engelberg. Untuk kemudian naik kabel car menuju Titlis, di Pegunungan Alpen. Melihat dari dekat keberaan salju abadi. 

Swiss terletak di tengah daratan benua Eropa. Kalau boleh dibilang berada di punggung Pegunungan Alpen. Berbatasan dengan Negara Jerman di utara, Perancis di barat, Austria di timur dan Negara Italia di selatan. 

Secara geografi, Swiss terdiri dari tiga wilayah. Yaitu di sebelah barat merupakan Pegunungan Jura. Kemudian di tengah merupakan Pegunungan Plato dan di selatan merupakan Pegunungan Alpen yang mendominasi hampir 60 persen wilayah Swiss. Sebagian besar penduduk Swiss tinggal di wilayah tengah. 


Para direksi Radar Banten Group. Dari kiri ke kanan Taufik Rohman, Priyo Susilo dan Mashudi, di Puncak Titlis, akhir Tahun 2017. -Foto: M Widodo/Radar Banten-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: