Camat Anyer Dorong 12 Desa Ikut LKBA 2022

Camat Anyer Dorong 12 Desa Ikut LKBA 2022

Camat Anyer Basuki Mindar (pegang mik), didampingi sebelah kiri Kabid Akad DPMD Ahmad Subchan, Kasubdit Bhabinkamtibmas AKBP Andaryoso (dua dari kanan) dan Kapolsek Anyer AKP Sudibyo (paling kanan), pada acara Sosialisasi LKBA 2022 di Kantor Kecamatan Any-Foto: M Widodo/inforadar.id-

ANYER, INFORADAR.ID - Camat Anyer Basuki Mindar mendorong 12 desa di wilayah Kecamatan Anyer mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2022. 

Sebab, LKBA merupakan program strategis Pemkab Serang yang harus disukseskan dab bermanfaat langsung terhadap masyarakat.

"Yaitu terciptanya lingkungan yang bersih, indah, nyaman dan aman," kata Basuki Mindar pada acara Sosialisasi LKBA 2022 di Kantor Kecamatan Anyer, Jumat, 27 Mei 2022.

Kata Camat, walaupun selama ini keikutsertaan Anyer hasilnya belum maksimal. Bisa jadi, hal itu disebabkan desa atau kecamatan lain jauh lebih baik.

"Tapi saya minta para kepala desa (Kades) tidak putus asa. Kita harus ikut lagi. Karena LKBA ini program bagus," kata Basuki Mindar pada acara Sosialisasi LKBA 2022 di Kantor Kecamatan Anyer, Jumat, 27 Mei 2022.

Untuk itu, Camat minta kepada para Kades agar menanyakan sejelas-jelasnya kepada para nara sumber prihal kiat-kiat agar dapat maksimal mempersiapkan LKBA. "Mumpung disini ada nara sumber, tolong tanyakan agar jelas. Kenapa lingkungan sudah bagus tapi tidak mendapat juara. Barangkali ada kiat-kiatnya," saran Camat. 

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Administrasi Keuangan dan Aset Desa (AKAD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Ahmad Subchan mengharapkan pelaksanaan LKBA dari tahun ke tahun lebih baik. 

"Intinya bagaimana pemerintah desa merangsang para RT, RW agar masyarakat menjadi lebih baik," pinta Ahmad Subchan.

Kata Ahmad Subchan, bahwa semua kegiatan memerlukan pendanaan. Sementara untuk kegiatan LKBA secara khusus tidak dianggarkan secara spesifik. Namun, ada beberapa kode rekening (koring) kegiatan yang bisa mendukung program LKBA. "Hanya saja penganggarannya harus benar, sesuai dengan aturan keuangan. Agar tidak terjadi masalah hukum di kemudian hari," saran Ahmad.

Sedangkan Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbimas Polda Banten AKBP Andaryoso kembali menekankan pentingnya sinergitas Kades, Bhabinkamtibmas, Babinsa untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman. 

Perwira menengah Polri ini kemudian secara rinci menyampaikan kriteria Kampung Aman yang terdiri dari 12 point.

Yaitu bebas tindak pidana, bebas narkoba, bebas KDRT, bebas tawuran, bebas dari memperkerjakan anak, bebas dari pelecehan seksual. 

Selanjutnya ketujuh bebas kekerasan terhadap anak, kemudian adanya satkamlubg dan penanggung jawab pos satkamling. Kesembilan kondisi pos satkamling, adanya kelompok kadarkum, kemudian aman pangan dan terakhir aman covid-19.

Acara Sosialisasi LKBA di Kecamatan Anyer diikuti Kapolsek Anyer AKP Sudibyo, 12 Kades, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Puskesmas dan para kader kesehatan. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: