Ketua Apdesi Kecamatan Petir: Semua Desa Harus Ikut LKBA 2022

Ketua Apdesi Kecamatan Petir: Semua Desa Harus Ikut LKBA 2022

Ketua Apdesi Kecamatan Petir HM Aopidi saat menyampaikan beberapa persoalan pada acara Sosialisasi LKBA Kab Serang 2022 di Kantor Kecamatan Petir, Selasa, 24 Mei 2022. -Foto: M Widodo/Radar Banten.-

SERANG, INFORADAR.ID - Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) Kecamatan Petir HM Aopidi mendorong seluruh desa di Kecamatan Petir ikut dalam ajang Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2022. 

 

"Memang nanti yang repot juga kepala desa (Kades). Ujung-ujungnya nanti yang nombok Kades. Tapi, karena LKBA ini program pimpinan. Program bagus, maka harus didukung," kata HM Aopidi yang juga Kades Kadugenep, Kecamatan Petir ini pada saat sesi tanya jawab acara Sosialisasi LKBA Kabupaten Serang 2022 di Kantor Kecamatan Petir, Selasa, 24 Mei 2022. 

Ia pun menanyakan kepada 13 Kades yang hadir dari 15 Kades di Kecamatan Petir. " Setuju gak temen-temen?" tanyanya, yang dijawab serentak, "Setuju." 

Aopidi pun meminta kepada seluruh Kades agar bersemangat dalam menginguti LKBA 2022.

 

Sebelumnya Kades Tambiluk juga menyerukan agar seluruh desa di Kecamatan Petir mengikuti LKBA 2022. Sebab, program ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih, tertib, sehat dan aman. Tahun 2022 Desa Tambiluk menyabet juara Kampung Berbunga dan Aman. 

Salah satu anggota Bhabinkamtibmas juga meminta agar seluruh desa di Kecamatan Petir ikut LKBA. Sebagai anggota Bhabinkamtibmas, dirinya dimintai laporan oleh pimpinan. "Kalo saya sebagai anggota Bhabinkamtibmas ditanya oleh Kasat Bimas, kemudian desa yang saya bina tidak ikut LKBA kan gak enak. Jadi seluruh desa harus ikut untuk menunjukkan kekompakan dan kebersamaan," katanya. 

 

Camat Petir Asep Herdiana mengatakan, pada awal pelaksaan LKBA Tahun 2019, 95 persen desa di Kecamatan Petir ikut LKBA. Kemudian dua tahun ini ada pandemi covid 19, sehingga tidak bisa optimal "Tapi tahun 2022 mudah-mudahan pandemi sudah melandai. Sehingga kita harus kembali optimal ikut LKBA," harap Camat.

Camat berharap agar swadaya madyarakat dioptimalkan, kemudian para Kades berinovasi dan berkreasi dan menggali potensi desanya masing-masing. 

Ia berharap LKBA 2022 menjadi momentum kebangkitan dan sinergitas antara kecamatan, puskesmas, polsek, koramil. Sehingga tujuan mewujudkan kampung yang indah, bersih, tertib dan aman serta tumbuh kembangnya kembali budaya gotong royong kembali muncul. 

 

Penulis : M Widodo 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: