5 Panduan Perbedaan Eau de Toilette dan Eau de Parfum

Sabtu 19-10-2024,15:22 WIB
Reporter : Ghina Aulia Az-Zahra
Editor : Haidaroh

Karena perbedaan konsentrasi minyak pewangi, ketahanan aroma antara EDT dan EDP juga berbeda. 

Eau de Parfum umumnya memiliki daya tahan lebih lama, biasanya bertahan antara 6 hingga 8 jam atau bahkan lebih. Parfum jenis ini cocok untuk acara-acara penting atau ketika Anda ingin aroma Anda tetap tercium sepanjang hari.

Eau de Toilette, di sisi lain, cenderung bertahan antara 4 hingga 6 jam. Meskipun aromanya tidak bertahan selama EDP, EDT lebih cocok untuk penggunaan singkat atau untuk situasi yang tidak memerlukan aroma yang terlalu tajam.

BACA JUGA:Workshop Mendongeng di Rumah Dunia, Bangkitkan Literasi Anak Sejak Dini

BACA JUGA:10 Gombalan Spesial Hari Sumpah Pemuda 2024, Pasanganmu Auto Langsung Baper

3. Harga

Konsentrasi minyak pewangi yang lebih tinggi pada EDP menjadikannya produk yang lebih mahal dibandingkan EDT. 

Namun, dengan ketahanan yang lebih lama dan aroma yang lebih intens, banyak orang merasa bahwa EDP lebih ekonomis dalam jangka panjang karena mereka tidak perlu menggunakannya terlalu banyak setiap kali pemakaian.

Sebaliknya, Eau de Toilette biasanya lebih terjangkau karena konsentrasinya yang lebih rendah. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang ingin aroma segar dengan penggunaan ringan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

4. Waktu Penggunaan

Ketika memilih antara EDT dan EDP, penting juga untuk mempertimbangkan kapan dan di mana Anda akan menggunakan wewangian tersebut. 

Eau de Parfum sangat cocok untuk acara-acara formal, malam hari, atau saat Anda ingin meninggalkan kesan yang kuat. Aromanya yang lebih intens membuatnya pas untuk acara spesial atau cuaca yang lebih dingin, di mana aroma yang kuat lebih tahan lama.

Sebaliknya, Eau de Toilette lebih cocok untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja, berolahraga, atau pergi berjalan-jalan. Aromanya yang lebih ringan dan segar sangat sesuai untuk digunakan pada cuaca panas atau dalam situasi kasual di mana aroma yang terlalu kuat bisa menjadi berlebihan.

5. Kesan dan Intensitas Aroma

Perbedaan terakhir terletak pada kesan yang ditinggalkan oleh kedua jenis parfum ini.

Kategori :