7 Tips Hilangkan Bibir Hitam, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rabu 09-10-2024,21:20 WIB
Reporter : Ghina Aulia Az-Zahra
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Sudahkah kamu tahu 7 tips hilangkan bibir hitam? Bibir adalah salah satu bagian penting dari penampilan yang bisa meningkatkan kepercayaan diri. Namun, banyak orang mengalami masalah bibir hitam, bahkan tanpa kebiasaan merokok. 

Pertanyaan yang sering muncul adalah, apa sebenarnya penyebab bibir hitam dan bagaimana cara mengatasinya? Kamu perlu tahu 7 tips hilangkan bibir hitam.

Dengan menerapkan 7 tips hilangkan bibir hitam ini, kamu jadi tidak perlu khawatir lagi soal penampilan.

Meski sering dikaitkan dengan rokok, penyebab bibir hitam tidak hanya terbatas pada hal itu. Salah satu faktor utama adalah genetika. 

7 tips hilangkan bibir hitam ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia yang beragam secara rasial memiliki kecenderungan genetik yang berbeda-beda, sehingga beberapa orang lebih rentan memiliki bibir yang lebih gelap.

BACA JUGA:Di Balik Mata yang Sehat, Ada Makanan Sederhana yang Bikin Mata Minus Minggat

BACA JUGA:Rekomendasi Lip Balm Agar Bibir Tetap Lembap dan Sehat

Dilansir dari Siloam Hospital, bibir hitam juga bisa disebabkan oleh kelainan melanin, yang memicu hiperpigmentasi atau suatu kondisi di mana kulit memproduksi melanin berlebih sehingga membuat area tertentu, termasuk bibir, terlihat lebih gelap. 

Selain faktor genetik, bibir hitam dapat disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari seperti bibir yang kurang terhidrasi, alergi terhadap pasta gigi atau produk bibir, konsumsi kafein berlebihan, dan paparan sinar UV yang terlalu lama. Makanan dan minuman panas juga dapat memicu pigmentasi, memperparah kondisi bibir yang menghitam.

Tak hanya itu, kondisi medis tertentu juga bisa menyebabkan bibir hitam. Anemia, efek samping kemoterapi, serta kekurangan vitamin B12 atau C sering kali menjadi penyebabnya, termasuk penggunaan fluoride yang berlebihan.

Kondisi bibir hitam dapat diatasi dengan beberapa tips berikut:

1. Perbanyak Minum Air

Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Bibir yang lembab dan sehat membutuhkan asupan cairan yang cukup.

2. Gunakan Lip Balm dengan SPF

Pilih produk lip balm yang mengandung tabir surya untuk melindungi bibir dari paparan sinar UV yang bisa memperparah pigmentasi. Dalam hal ini pilihlah produk yang memiliki SPF (Sun Protection Factor) diatas 30, sehingga bibir dapat terjaga baik terhadap paparan sinar matahari.

Kategori :