Jangan Abaikan! Ini Ciri-ciri Mata Minus yang Sering Terlewatkan

Rabu 09-10-2024,09:49 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

Ketika seseorang menyipitkan mata, ini dapat membantu fokuskan cahaya lebih baik ke retina, meskipun penglihatan tetap tidak optimal. 

Kebiasaan ini biasanya muncul ketika seseorang mencoba melihat benda yang jauh atau tulisan kecil dari jarak jauh.

3. Sakit Kepala Setelah Menggunakan Mata untuk Melihat Jangka Panjang

Sakit kepala atau rasa nyeri di sekitar mata setelah melakukan aktivitas yang membutuhkan fokus visual, seperti membaca, bekerja di depan komputer, atau menonton televisi dalam waktu lama, bisa menjadi tanda mata minus. 

Ini terjadi karena mata bekerja lebih keras untuk mencoba memfokuskan cahaya pada objek yang jauh, menyebabkan ketegangan pada otot mata dan akhirnya memicu sakit kepala.

4. Kesulitan Melihat di Kondisi Pencahayaan Rendah

Mata minus juga bisa menyebabkan penglihatan yang buruk saat kondisi pencahayaan rendah, seperti pada malam hari atau di tempat yang gelap. 

Misalnya, kamu mungkin merasa kesulitan untuk membaca nomor telepon di layar ponsel pada malam hari, atau melihat rambu jalan dengan jelas saat mengemudi di malam hari. 

Penderita miopi sering kali merasa penglihatannya semakin kabur saat berada dalam kondisi pencahayaan yang redup, meski penglihatan mereka mungkin tetap jelas dalam cahaya terang.

BACA JUGA:7 Cara Membangun Kepercayaan dalam Tim, Ikuti Langkah Ini Agar Bisa Sukses Bersama

BACA JUGA:Hai Monstiez, BABYMONSTER Bakal Rilis Full Album Debut Pada November


Ilustrasi org dengan penglihatan yang minus-Pixabay/@felix_w-

5. Penglihatan Buram Setelah Lama Menatap Jarak Dekat

Jika Anda sering merasa penglihatan kamu kabur setelah menatap layar ponsel, komputer, atau buku dalam waktu lama, ini bisa menjadi tanda mata minus. 

Aktivitas ini menuntut mata untuk berfokus pada objek yang dekat, dan jika mata tidak bisa beradaptasi dengan baik, objek yang lebih jauh menjadi tampak buram saat kamu mencoba berpindah fokus.

6. Kesulitan Mengenali Wajah atau Objek dari Jarak Jauh

Kategori :