Inilah Penyebab Jerawat Muncul di Beberapa Area Wajah

Jumat 04-10-2024,09:33 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

Hidung adalah area yang cenderung memproduksi minyak berlebih, sehingga sering kali pori-porinya tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Produksi minyak berlebih dapat dipicu oleh faktor genetik atau perubahan hormon, dan apabila tidak dibersihkan secara teratur, pori-pori akan tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati. Untuk mencegahnya, pastikan kamu rutin melakukan eksfoliasi ringan dan menjaga kebersihan wajah agar minyak dan kotoran tidak menumpuk.

4. Dahi

Jerawat di dahi sering kali terkait dengan faktor gaya hidup seperti stres, kurang tidur, jarang keramas, atau konsumsi berlebihan lemak dan gula. Ketika kita stres atau begadang, hormon kortisol akan meningkat, yang bisa memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, rambut yang jarang keramas juga bisa membawa minyak dan kotoran ke area dahi. Mengurangi stres, menjaga pola tidur yang baik, serta menjaga kebersihan rambut dapat membantu mencegah munculnya jerawat di dahi.

BACA JUGA:7 Kandungan Skincare Kulit yang Aman untuk Kulit Sensitif dan Jerawat

BACA JUGA:Mau Wajah Mulus Bebas Jerawat? Rutin Konsumsi Buah dan Sayur Ini

5. Dagu

Jerawat di dagu biasanya terkait dengan faktor hormonal, terutama bagi perempuan. Saat menjelang menstruasi, kadar hormon dalam tubuh mengalami fluktuasi yang bisa memicu munculnya jerawat.

Selain itu, perubahan pola makan, seperti diet ketat atau konsumsi makanan tidak seimbang, juga bisa memengaruhi hormon dan menyebabkan jerawat di dagu. Untuk mengatasinya, penting untuk menjaga pola makan yang seimbang dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, terutama saat mendekati siklus menstruasi.

6. Bibir

Jerawat di area sekitar bibir sering disebabkan oleh konsumsi makanan pedas dan gorengan secara berlebihan. Kedua jenis makanan ini dapat memicu produksi minyak berlebih, serta menyebabkan iritasi pada area di sekitar bibir.

Untuk mencegahnya, kurangi konsumsi makanan pedas dan gorengan, serta pastikan untuk membersihkan area bibir setelah makan, agar sisa-sisa makanan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Jerawat di wajah dapat muncul karena berbagai penyebab yang berbeda, tergantung pada area yang terpengaruh. Kebersihan wajah, kebiasaan sehari-hari, gaya hidup, dan asupan makanan semuanya berperan besar dalam munculnya jerawat di berbagai bagian wajah.

Dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa lebih mudah melakukan pencegahan dan merawat kulit agar tetap sehat dan bebas jerawat.

Kategori :