Waspada, Inilah Efek Samping jika Cuci Wajah Pakai Sabun Mandi

Jumat 04-10-2024,10:40 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

Lipid alami pada kulit memiliki peran penting sebagai pelindung yang menjaga kelembapan dan menghalangi masuknya bakteri atau kotoran.

Sabun mandi dapat menghilangkan lipid alami ini, mengakibatkan kulit wajah menjadi lebih rentan terhadap iritasi dan kehilangan kelembapannya. Ketika lipid alami hilang, kulit pun lebih mudah mengalami peradangan atau reaksi terhadap faktor lingkungan.

4. Menyebabkan Kerusakan pada Kulit

Kulit wajah jauh lebih tipis dan sensitif dibandingkan kulit tubuh. Penggunaan sabun mandi yang formulanya lebih keras dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung kulit wajah.

BACA JUGA:Cara Memilih Facial Wash Aman untuk Kulit Kering Agar Tidak iritasi

BACA JUGA:4 Tips Merawat Kulit Wajah Supaya Tetap Segar Seharian, Ternyata Ini Rahasianya

Dampaknya bisa berupa iritasi, kemerahan, atau bahkan pengelupasan kulit. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi ini bisa membuat kulit semakin rentan terhadap masalah-masalah lainnya, seperti infeksi atau jerawat.

5. Menyumbat Pori-pori Kulit

Sabun mandi biasanya mengandung zat pewangi dan pelembut yang tidak cocok untuk kulit wajah. Kandungan ini dapat meninggalkan residu pada kulit wajah, yang lama-kelamaan akan menyumbat pori-pori.

Pori-pori yang tersumbat inilah yang kemudian menjadi penyebab munculnya komedo atau jerawat. Wajah yang sering berjerawat biasanya membutuhkan produk pembersih yang mampu membersihkan hingga ke dalam pori-pori tanpa menyumbat, berbeda dengan sabun mandi yang tidak memiliki fungsi tersebut.

6. Mengganggu Keseimbangan pH Kulit

Kulit wajah memiliki pH yang sedikit asam untuk menjaga keseimbangan dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat. Sabun mandi biasanya memiliki pH yang lebih basa, yang dapat mengganggu keseimbangan pH kulit wajah.

Ketidakseimbangan pH ini dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap infeksi. Selain itu, kulit yang pH-nya terganggu juga bisa kehilangan kelembapan lebih cepat dan tampak lebih kusam.

Nah itulah beberapa efek samping jika menggunakan sabun mandi sebagai pencuci wajah. Dengan perawatan yang tepat, wajah akan tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya.

BACA JUGA:Uap Wajah Untuk Kecantikan Bisa Dilakukan di Rumah Alatnya Sederhana, Murah dan Bantu Cerahkan Wajah

Kategori :