10 Daerah Paling Luas di Pulau Jawa, Dua Diantaranya Berada di Banten

Selasa 01-10-2024,15:36 WIB
Reporter : Indra Sena
Editor : Haidaroh

Terletak di Jawa Timur, Kabupaten Malang memiliki luas wilayah sebesar 3.530,65 km². Daerah ini dikenal dengan beragam destinasi wisata pegunungan dan budaya, serta pusat pendidikan yang berkembang pesat.

5. Kabupaten Lebak

Kabupaten yang terletak di Provinsi Banten ini memiliki luas wilayah 3.426,56 km². Lebak dikenal dengan kekayaan budaya dan alamnya, termasuk hutan dan pegunungan.


Kabun Teh Cikuya Lebak Banten jadi produk teh Terbaik dunia--Instagram @harendong_tea_estate

6. Kabupaten Jember

Berada di bagian timur Jawa Timur, Kabupaten Jember mencakup wilayah seluas 3.092,34 km². Daerah ini terkenal dengan festival tahunan dan sektor pertaniannya, khususnya kopi.

7. Kabupaten Garut

Terletak di Jawa Barat, Kabupaten Garut memiliki luas wilayah 3.074,74 km². Garut dikenal dengan keindahan alam pegunungan serta potensi produk khas seperti dodol.

8. Kabupaten Pandeglang

Kabupaten Pandeglang di Provinsi Banten mencakup wilayah seluas 2.746,89 km². Pandeglang memiliki potensi besar di sektor pariwisata, termasuk kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.


Pulau Peucang, Taman Nasional Ujung Kulon, salah satu destinasi wisata Pandeglang dengan view spektakuler.-explorepandeglang-instagram.com

9. Kabupaten Bogor

Kabupaten ini berada di bagian barat Jawa Barat dan memiliki luas wilayah sebesar 2.710,62 km². Bogor dikenal dengan pemandangan alam yang indah serta peranannya sebagai penyangga ibu kota.

10.Kabupaten Tasikmalaya

Terletak di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Tasikmalaya memiliki luas wilayah sebesar 2.551,19 km². Daerah ini terkenal dengan sektor industri kerajinan dan hasil pertaniannya.

Nah, sekarang Anda tahu, Lebak dan Pandeglang masuk dalam jajaran daerah paling luas di Pulau Jawa bukan?

Kategori :