Daftar Klub Sepak Bola Tertua di Indonesia, Sudah Berlari Mengejar Bola Sebelum Negara Ini Berdiri

Senin 23-09-2024,07:04 WIB
Reporter : Indra Sena
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Apa klub sepak bila tertua di Indonesia? Klub sepak bola di Indonesia mulai bermunculan pada masa kolonial Belanda.

Menurut Good News From Indonesia, dua klub awal yang menjadi cikal bakal sepak bola Indonesia adalah Rood-wit di Batavia (sekarang Jakarta) dan Vitoria di Surabaya.

Pada tahun 1915, Makassar mendirikan sebuah klub sepak bola bernama Macassaarche Voetbal Bond, yang kemudian dikenal sebagai Persatuan Sepak Bola Makassar (PSM).

Ini merupakan klub pertama yang memiliki anggota lokal atau pribumi di Indonesia dan menjadi klub sepak bola tertua di Indonesia.

Berikut adalah beberapa klub sepak bola tertua di Indonesia, yang bahkan sudah ada jauh sebelum negara Indonesia berdiri:

1. PSM Makassar

Didirikan pada 2 November 1915, PSM Makassar awalnya diisi oleh elite Belanda, Tionghoa, dan pribumi dari Makassar. Klub ini berganti nama setelah Indonesia diduduki Jepang.

2. PPSM Magelang

Meski PSM Makassar merupakan klub sepak bola pertama di Indonesia, PPSM Magelang adalah yang pertama di Pulau Jawa. Awalnya bernama Indonesische Voetbal Bond Magelang, klub ini berdiri pada 15 Maret 1919.

3. Persis Solo

Persis Solo berdiri pada 8 November 1923. Awalnya klub ini bernama Vorstenlandsche Voetbal Bond dan didirikan oleh tiga tokoh, yaitu Sastrosaksono, Raden Ngabehi Reksohadiprodjo, dan Sutarman. Nama Persis Solo muncul pada momen Sumpah Pemuda.

BACA JUGA:Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Empat Tingkat

4. Persisam Samarinda (Bali United)

Klub ini bermula pada 1925 sebagai tim Perserikatan. Setelah bergabung dengan Putra Samarinda sekitar 2003-2004, klub ini menjadi Persisam Putra Samarinda. Pada 2015, klub tersebut berubah menjadi Bali United dan berpindah markas ke Bali.

Kategori :