Gen Z Lebih Suka Search di Media Sosial Dibanding Google?

Sabtu 21-09-2024,22:05 WIB
Reporter : Ghina Aulia Az-Zahra
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Generasi Z, yang tumbuh di era digital, menunjukkan pola perilaku yang berbeda dalam mengakses informasi dibandingkan generasi sebelumnya.  Mereka tidak hanya mahir menggunakan teknologi, tetapi juga memiliki pendekatan yang unik terhadap cara mengakses informasi.

Alih-alih menggunakan Google, banyak Gen Z lebih memilih mendapatkan informasi melalui aplikasi yang lebih personal dan visual, seperti TikTok dan Instagram. 

Sebuah penelitian perusahaan SOCI di Amerika Serikat pada Gen Z yang dibagikan oleh Forbes menyatakan jika google menduduki posisi ketiga 61%, Tiktok posisi kedua 62% dan Instagram teratas 67%, melebihi 100% karena kebanyakan orang mencari informasi di beberapa aplikasi dan platform.

Di media sosial seperti TikTok, mereka dapat dengan mudah menemukan video yang lebih relevan, misalnya ulasan produk, tutorial, atau rekomendasi tempat makan karena direkomendasikan oleh content creator.

BACA JUGA:Meningkatkan Kualitas Organisasi dan Memperluas Jaringan UKM Hittaqi UPG Lakukan Studi Banding dengan Hiqma UI

BACA JUGA:Menjelajah Pantai Sawarna: Petualangan Menuju Surga Tersembunyi di Ujung Banten

Algoritma di TikTok dan Instagram menyesuaikan konten dengan minat pengguna, sehingga Gen Z menerima informasi yang lebih sesuai dengan preferensi mereka. 

 

Berbeda dengan Google, di mana pengguna harus mencari sendiri artikel atau situs yang relevan, platform sosial secara otomatis menampilkan konten yang relevan berdasarkan kebiasaan dan minat pengguna. Begini pendapat dari 3 generasi Z, apa yang mereka gunakan untuk pencarian?

"Kalau aku lebih suka search informasi di media sosial TikTok atau Instagram karena lebih tertarik dengan informasi yang disajikan dengan visual, di media sosial juga bisa lihat langsung opini dari orang-orang. Setelah dari media sosial biasanya akan konfirmasi kebenarannya di google sih," Anggita Karunia - Untirta

"Gua google si, karena google buat gua udh kaya asisten pribadi, memudahkan semua urusan gua, terutama terkait hal cari mencari, kaya nyari jurnal, nyari web nonton film, terus yang ga kalah penting tuh untuk nyari AI gitu si," Dani Kusumah - Untirta

BACA JUGA:Kamu Lulus Seleksi Administrasi CPNS 2024? Ini Ketentuan Pakaian untuk Tes SKD yang Wajib Dipatuhi

BACA JUGA:Ternyata Ini 3 Alasan Amanda Rawles Sempat Tolak Perankan Laura Anna di Film Laura: A True Story of a Fighter

"Tergantung apa yang di search juga kadang di google kadang di tiktok, kalau nyari referensi film atau berita yang lagi tranding emang sih lebih ke media sosial, tapi kalau nyari informasi yang umum gitu masih menggunakan google," Susilawati - Untirta

Kategori :