Jangan Dicampur! Ini 4 Skincare yang Harus Dihindari

Jumat 20-09-2024,14:18 WIB
Reporter : Nuraini Wildayati Kamilah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Menggunakan produk skincare tak bisa sembarangan. Hal ini karena beberapa kandungan skincare tidak boleh digunakan bersamaan. 

Setiap bahan aktif dalam skincare memiliki peran yang berbeda. Jika dua bahan yang tidak cocok dignakan bersamaaan, dapat menyebabkan efek negatif seperti iritasi kulit.

Sayangnya, belum banyak yang tahu hal ini. Agar rutinitas skincare Anda lebih teratur dan efektif, beriku daftar kandungan skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan.

1. Retinol dan Vitamin C


Vitamin C dan Retinol tak boleh digunakan bersamaan-The Originote

Retinol dan vitamin C adalah dua bahan aktif yang populer dalam skincare. Namun, karena keduanya memiliki tingkat pH yang berbeda, efeknya dapat berkurang ketika digunakan bersamaan.

Untuk hasil yang optimal, disarankan untuk menggunakan vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari.

BACA JUGA:Merk Lip Balm Terbaik untuk Bibir Kering dan Pecah Pecah

BACA JUGA:Uap Wajah Untuk Kecantikan Bisa Dilakukan di Rumah Alatnya Sederhana, Murah dan Bantu Cerahkan Wajah

2. Retinol dan AHA/BHA


Retinol dan AHA BHA dua skincare aktif yang bahaya jika digunakan bersamaan-The Ordinary-

Retinol dan AHA/BHA bekerja untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Retinol meningkatkan pergantian sel kulit dan produksi kolagen, sedangkan AHA/BHA melarutkan ikatan antara sel kulit mati dan membersihkan pori-pori.

Karena kedua produk ini memiliki sifat eksfoliasi kulit, penggunaan keduanya secara bersamaan dapat menyebabkan pengelupasan kulit yang berlebihan, yang dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan sensitivitas kulit.

AHA/BHA dan retinol harus digunakan pada hari yang berbeda untuk memberikan waktu bagi kulit untuk pulih dan mengurangi risiko iritasi kulit.

3. Niacinamide dan AHA

Kategori :