Infrastruktur Dasar IKN Batch I Selesai Tahun Ini, Kementerian PUPR akan Selesaikan Tahap II Tahun Ini?

Sabtu 07-09-2024,15:57 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID- Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Tugas Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Pembangunan IKN yang ditegaskan akan terus dilanjutkan.

Pembangunan infrastruktur dasar tahap pertama kini hampir selesai. Bersamaan dengan kemajuan tersebut, Kementerian PUPR dan OIKN telah memulai pembangunan infrastruktur dasar tahap kedua.

Pekerjaan yang dilakukan Kementerian PUPR dan OIKN pada putaran kedua meliputi pembangunan infrastruktur dasar. Di antaranya pengerjaan lanjutan pembangunan jalan tol IKN, gedung perumahan ASN, dan gedung perkantoran.

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan memulai pembangunan kawasan investasi. Secara rinci, Basuki mengatakan pihaknya sedang menyiapkan anggaran untuk mengerjakan proyek tersebut.

BACA JUGA:YABI dan TNUK Goes to School Gelar Sosialisasi, Mendorong Siswa Mencintai dan Melindungi Badak Sejak Dini

BACA JUGA:Ciri-ciri Orang yang Mudah Panik Menurut Psikolog, Cek gejala dan Cara Mengatasinya di Sini

Dari total pagu sementara Kementerian PUPR tahun 2025, sebesar Rp 4,19 triliun akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan IKN. 


Potret salah satu bangunan di IKN--

”Untuk digunakan dalam infrastruktur sumber daya air, infrastruktur jalan dan jembatan, infrastruktur permukiman, dan Sistem Penyediaan Air Minum Sepaku, dan infrastruktur perumahan,” ucap Basuki. 

Kementerian PUPR memastikan anggaran digunakan secara maksimal. Pekerjaan yang berkaitan dengan infrastruktur sumber daya air meliputi pengendalian banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Pemaluan, pembangunan saluran pengambilan air baku dan pipa transmisi, serta pekerjaan pemeliharaan infrastruktur IKN.

”Terdiri atas pemeliharaan sarana dan prasarana Bendungan Sepaku Semoi, Intake Sepaku, dan Pengendalian Banjir DAS Sanggai, Pengendalian banjir Sungai Pamaluan, Pembangunan Intake dan Transmisi air baku Riko Kernain” lanjutnya.

BACA JUGA:5 Tanda Sikap yang Menunjukan Bahwa Kamu Adalah Wanita yang Bermental Kuat, Simak di Sini

BACA JUGA:5 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih yang Belum Banyak Orang Tahu

Untuk infrastruktur jalan dan jembatan, Kementerian PUPR akan meneruskan pembangunan Jalan Tol Seksi 3A-2 Segmen Karangjoang-KKT Kariangau, Jalan Tol Seksi 3B-2 Segmen KKT Kariangau-SP Tempadung, serta pengawasan teknik duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek II. 

Selain itu, pembangunan infrastruktur perumahan lainnya yang dilakukan oleh Kementerian PUPR antara lain pembangunan gedung dan kawasan perkantoran OIKN, sarana dan prasarana pemerintahan II, pembangunan kawasan jaringan saluran pembuangan inti pemerintah pusat IKN 1, 2 dan 3 (KIPP).

Kategori :