6 Ciri Orang yang Suka Meremehkan Orang Lain, Ini Lengkapnya

Minggu 08-09-2024,06:30 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Mereka cenderung menyalahkan orang lain dan tidak mau bertanggung jawab atas kesalahannya sendiri. Sikap ini dapat membuat lingkungan kerja dan pertemanan menjadi tidak nyaman dan penuh tekanan.

3. Orang yang suka mengkritik tanpa alasan yang jelas 

BACA JUGA:5 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih yang Belum Banyak Orang Tahu

BACA JUGA:Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Menstruasi, Makanan yang Satu Ini Sering Dikonsumsi

Orang yang suka meremehkan suka mengkritik, namun itu bukan kritik yang membangun. Mereka cenderung mengomentari hal-hal kecil yang sebenarnya tidak penting.

Misalnya, kamu bekerja keras untuk menyelesaikan suatu tugas, namun kamu berfokus pada kesalahan kecil dan mengabaikan upaya besar.

Kritik seperti ini biasanya diungkapkan hanya untuk menyinggung perasaan orang lain, tanpa memberikan solusi apa pun.

4. Meremehkan prestasi orang lain 


Ilustrasi-Freepik.com-

Ciri lain yang sangat kentara adalah kita sering meremehkan prestasi orang lain. Misalnya, ketika seseorang menerima penghargaan atau promosi, mereka berkata, "Oh, itu normal sekali," atau "Dia hanya beruntung."

Mereka kesulitan mengenali kesuksesan orang lain dan ingin mencari alasan untuk menjelaskan mengapa hal-hal terjadi seperti yang mereka lakukan. Prestasi tidak layak untuk dievaluasi.

5. Suka membandingkan 


Ilustrasi-Freepik.com-

Orang yang meremehkan biasanya suka membanding-bandingkan seseorang dengan orang lain, seringkali dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa orang lain lebih baik.

Jika Orang B yang melakukan pekerjaan itu, kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Sikap ini bisa membuat orang yang dibandingkan merasa rendah diri dan tidak dihargai.

6. Tidak mau mendengarkan pendapat orang lain Orang yang menganggap remeh biasanya tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Mereka lebih suka berbicara daripada mendengarkan, dan sering kali tidak banyak mendengarkan atau menyela dengan mengumpat ketika orang lain sedang berbicara.

Kategori :