5 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan, Bisa untuk Melawan Penyakit Mematikan

Rabu 28-08-2024,08:48 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Daun sirih mengandung senyawa anti kanker dan juga dapat dikonsumsi untuk melawan kanker. Daun sirih mengandung senyawa fenolik yang memiliki sifat antibakteri, antimutagenik, antioksidan, dan antiproliferatif sehingga dapat membantu melawan kanker.

Daun sirih juga kaya akan fitokimia yang membantu melawan kanker mulut dan usus besar. Manfaat lainnya adalah daun sirih membantu melawan stres oksidatif dan menangkal radikal bebas. Kedua faktor tersebut penting untuk pencegahan kanker.

BACA JUGA:Mudah Banget! Begini Cara Buat Chilli Oil Ala Devina Hermawan, Catat Resepnya

BACA JUGA:6 Sikap Agar Tidak Diremehkan Saat Belum Menikah, Tanamkan Sikap Ini dalam Diri Kamu

3. Mengobati asma dengan daun sirih 


Ilustrasi-Freepik.com-

Asma tidak hanya merupakan penyakit pernafasan namun juga berhubungan dengan peradangan. Asma biasanya disebabkan oleh histamin dalam tubuh.

Karena zat ini menyebabkan bronkokonstriksi yang merupakan bagian penting dari asma. Untungnya, kondisi ini bisa diatasi dengan daun sirih yang memiliki sifat antihistamin.

Daun sirih membantu mencegah dan mengendalikan asma. Di sisi lain, minyak sirih juga bisa digunakan untuk tujuan yang sama.

4. Daun sirih untuk pengobatan maag 


Ilustrasi-Freepik.com-

Sakit maag dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan lambung, berkurangnya produksi lendir lambung, dan stres oksidatif yang signifikan.

Untuk mencegah kondisi ini berlanjut, sebaiknya penderita maag mengonsumsi daun sirih yang mengandung antioksidan dan anti maag.

Daun sirih menyembuhkan bisul dengan meningkatkan produksi lendir sekaligus mengurangi stres oksidatif.

5. Daun sirih untuk mengobati peradangan 

Daun sirih juga cocok untuk mengobati peradangan. Daun sirih juga cocok untuk mengobati luka, bisul, jerawat, sakit perut, kolik, nyeri rematik, kelelahan, penyakit ginjal dan radang mata.

Kategori :