Indonesia Posisi 2 Sebagai Negara dengan Kecepatan Internet Terendah

Kamis 22-08-2024,12:24 WIB
Reporter : Indra Sena
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Indonesia, tanah surga yang katanya gemah ripah loh jinawi, ternyata harus puas duduk di kursi hampir paling buncit dalam urusan kecepatan internet mobile di Asia Tenggara.

Dalam sebuah ironi yang menyesakkan, pada Juni 2024, Speedtest Global Index mencatat bahwa kecepatan internet mobile Indonesia hanya mencapai 28,35 Mbps. Wow, luar biasa… lambatnya!

Dalam kancah persaingan global, Indonesia dengan bangganya bercokol di peringkat ke-80 dari 108 negara.

Bayangkan saja, di saat dunia menikmati kecepatan unduh rata-rata 56,43 Mbps, kita di sini malah asyik berjuang untuk sekadar mendapatkan setengahnya.

Kecepatan Internet Negara Tetangga

Mari kita tengok tetangga-tetangga kita yang melesat jauh ke depan. Singapura, misalnya, dengan elegannya duduk di peringkat ke-13 dunia, menikmati kecepatan unduh internet mobile sebesar 104,98 Mbps.

Malaysia, yang dulu sering kita anggap sebelah mata, kini menampar kita dengan kecepatan 98,84 Mbps, cukup untuk membuat kita terperangah dan bertanya-tanya, "Kapan giliran kita?"

Vietnam dan Thailand tak mau ketinggalan, masing-masing menduduki posisi ke-48 dan ke-52 dunia dengan kecepatan unduh di atas 50 Mbps.

Bahkan Myanmar, dengan segala kesulitan yang mereka hadapi, masih bisa menyusul di depan kita dengan 30,89 Mbps.

Sedangkan Indonesia? Yah, setidaknya kita berhasil merangkak naik dari urutan kesembilan ke urutan kedelapan di Asia Tenggara.

Simak pada data statistik yang dibuat oleh Goodstats.id berikut ini:

BACA JUGA:Keren, 9 Film Indonesia Ini Dapat Rating Tinggi di Internet Movie Database

Ini tentu saja pencapaian yang monumental. Jika kita tidak menyadari betapa kecilnya kemajuan itu di tengah dunia yang semakin bergantung pada teknologi.

Kategori :