Inilah Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Mendaftar Beasiswa

Jumat 09-08-2024,18:00 WIB
Reporter : Stefhanie Ardianty
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Berkuliah dengan keterbatasan ekonomi bukanlah menjadi penghalang untuk kamu menghentikan mimpimu. Saat ini kamu tidak perlu berkecil hati karena banyak kesempatan beasiswa yang menanti dirimu. Kesempatan ini dapat kamu manfaatkan untuk melanjutkan mimpimu berkuliah di perguruan tinggi tujuanmu. 

Seiring dengan kesadaran akan pentingnya pendidikan di Indonesia, pemerintah dan berbagai lembaga swasta turut andil dalam memberikan beasiswa kepada seluruh siswa-siswi dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Namun, untuk mendapatkan beasiswa ini tentunya kamu memerlukan sejumlah persiapan agar kamu dapat lolos dalam berbagai seleksi beasiswa yang diadakan. Yuk simak apa saja hal-hal yang harus kamu persiapkan sebelum mendaftarkan diri mengikuti seleksi beasiswa.

1. Mempersiapkan Terlebih Dahulu List Beasiswa yang akan Didaftarkan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mendaftarkan beasiswa yaitu kamu harus tahu beasiswa apa yang ingin kamu tuju. Buatlah list beasiswa yang ingin kamu daftar karena semakin banyak list beasiswa yang kamu miliki maka peluang untuk kamu mendapatkan beasiswa tersebut akan semakin besar. Kamu bisa menentukan beasiswa mana yang sesuai denganmu dengan melakukan list beasiswa ini sehingga pada saat mengikuti seleksi kamu memiliki peluang memaksimalkan potensimu disana. 

2. Melihat Secara Saksama Syarat dan Ketentuan Pendaftaran Beasiswa 

Langkah selanjutnya yang penting untuk kamu lakukan yaitu melihat berbagai persyaratan dan ketentuan yang telah dibuat pihak penyelenggara beasiswa. Dengan memperhatikan syarat dan ketentuan tersebut kamu dapat mempertimbangkan kelayakan dirimu untuk mendapatkan diri menerima beasiswa tersebut. Jika, telah melihat seluruh persyaratan dan kamu merasa telah memenuhi syarat dan ketentuan tersebut barulah gunakan kesempatan ini untuk kamu menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran. 

3. Menyiapkan Sertifikat Kompetensi Bahasa Inggris

Tidak semua beasiswa membutuhkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris. Namun, jika kamu memiliki sertifikat tersebut dengan score yang memuaskan hal ini dapat menjadi poin plus untuk kamu dimata pihak penyelenggara. Jadi, kamu dapat mempersiapkan sertifikat TOEFL atau IELTS mulai dari sekarang ya!.

BACA JUGA:Menetap di Negara Impian, Berikut Beasiswa ke Luar Negeri Buka Pendaftaran Mulai Agustus Ada Kampus Impianmu

4. Mulai Siapkan Jawaban untuk Sesi Interview Beasiswa 

Sebelum menjalani sesi interview tentunya kamu harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sehingga jawaban yang kamu berikan dapat meyakinkan interviewer untuk memilih kamu sebagai penerima beasiswa. Kamu bisa mulai membangun statement yang mendukung dirimu untuk diterima dalam beasiswa ini. Ketika sesi interview buatlah jawabanmu mengarah pada optimisme dan kontribusi dirimu sebagai penerima beasiswa. Jangan sekali-kali menjual kesedihan dan kesengsaraan dirimu karena hal tersebut akan mencerminkan pribadi dirimu dimata interviewer.

5. Mulai Memperbaiki CV

Setelah kamu memahami pentingnya sesi interview kamu juga harus memahami bahwa CV merupakan salah satu hal terpenting yang dapat menunjang kemungkinan diterimanya dirimu sebagai penerima beasiswa. Jadi, kamu dapat mulai memperbaiki Curriculum Vitae (CV) yang kamu miliki sehingga dapat menampilkan kemampuan, potensi, skill, dan pengalaman yang kamu miliki. Meskipun CV dengan berbagai kemampuan dan pengalaman kerja lebih banyak dilirik. Namun, jangan pernah buat CV yang berisi kebohongan mengenai hal tersebut karena kamu akan dimintai bertanggungjawab dengan apa yang kamu tuliskan di CV tersebut. 

6. Mulailah Mempersiapkan Essay yang Baik 

Tidak sedikit pihak penyelenggara yang menginginkan adanya penulisan essay sebagai salah satu kriteria kelayakan seseorang mendapatkan beasiswa. Maka kamu dapat mulai belajar menulis essay dengan baik sehingga memperbesar peluang lolos. Buatlah essay semaksimal mungkin dan ambillah sudut pandang yang menarik dalam essaymu. 

Kategori :