Sering Overthinking? Coba Lakuin 4 Kebiasaan ini

Sabtu 03-08-2024,12:30 WIB
Reporter : Ghina Aulia Az-Zahra
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Overthinking atau cemas, adalah kondisi di mana seseorang terlalu banyak merenungkan atau menganalisis suatu situasi secara berlebihan hingga menimbulkan permasalahan seperti stres, bingung, gangguan tidur bahkan kesehehatan fisik.

Overthinking sering dialami oleh banyak orang, hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti ketidakpastian mengenai masa depan, perfeksionisme, pengalaman trauma masa lalu, atau merasa tidak memiliki kendali atas situasi tertentu.

Satu Persen Podcast, adalah media edukasi life skill yang mengajarkan pelajaran hidup yang tidak diajarkan di sekolah melalui kanal YouTube dan Spotify. Salah satu kontennya yaitu tentang kebiasaan untuk atasi overthinking di kanal Youtubenya.

1. Mengakui dan Memahami Rasa Kecemasanmu

Kamu harus mengakui terlebih dahulu jika memang kamu sedang cemas, kamu harus memahami jika hal itu merupakan hal yang wajar karena kebanyakan orang tidak menerima jika dirinya sedang cemas sehingga menjadikan dia semakin cemas. 

Salah satu komedian di Amerika mengaku jika dulu ia selalu panik dan sesak nafas sebelum berbicara di depan umum dan berfikir jika itu merupakan hal yang wajar, padahal sebetulnya tidak. Ketika kamu mengakui dirimu sedang dalam masalah, sebetulnya kamu sedang membuka diri untuk berkembang menjadi seseorang yang lebih baik. 

BACA JUGA:Jarang Orang Tahu, Hal Sederhana Ini Bisa Atasi Overthinking

2. Pelajari Apa yang Terjadi

Kamu dapat mencatat gejala yang muncul seperti apa, waktu rasa cemasnya muncul kapan dan sebagainya. Contohnya kamu mulai merasakan tubuhmu tegang saat sedang overthinking, deg-degan atau fikiran spesifik muncul, nah dari situ kamu dapat menyiapkan cara untuk mengatasi rasa cemas. 

Setiap orang memiliki cara yang berbeda, luangkan waktumu untuk mempelajari dirimu sendiri dalam hal ini. 

3. Cari Goal Kecil yang Mudah Dicapai

Rasa cemas atau overthinking kadang membuat seseorang membuat dia gak mikirin tujuan kedepannya sehingga tidak bergerak untuk berproses, terkadang terlalu perfeksionis untuk menunggu moment yang tepat.

Cara yang efektif adalah memecah goal besar kamu menjadi goal-goal kecil, jika kamu tidak memiliki goal, buatlah goal kecil yang mudah untuk kamu tanggulangi. 

BACA JUGA:6 Dampak Negatif Jika Kamu Terus Menerus Berfikir Overthinking, Remaja Wajib Tahu

4. Latihan Mengolah Rasa Cemas

Kategori :