Waspada, Inilah Tanda-Tanda Kerusakan pada Skin Barrier-mu

Jumat 02-08-2024,21:00 WIB
Reporter : Stefhanie Ardianty
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Skin barrier merupakan lapisan kulit yang sangat penting untuk dirawat dengan baik karena skin barrier berperan melindungi kulitmu dari berbagai reaksi kimia berbahaya. Menurut sebuah artikel yang ditinjau oleh dr. Merry Dame Cristy Pane, skin barrier merupakan  lapisan kulit terluar yang berfungsi melindungi tubuh dan kulit dari berbagai masalah kulit. 

Skin barrier berperan untuk menjaga dan melindungi kesehatan kulit dari segala kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV, polusi, bakteri, kuman, dan zat kimia. Skin barrier juga dapat berperan memberikan sentuhan kelembapan pada kulit. Namun, skin barrier dapat mengalami kerusakan jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Seringkali kerusakan skin barrier tersebut disebabkan oleh berbagai hal yaitu lingkungan yang terlalu lembab atau kering, sering terkena sinar UV tanpa menggunakan sunscreen, terpapar zat kimia berlebih, terlalu sering mencuci wajah,  stres berlebih, pola hidup kurang sehat, dan masih banyak lagi.

Kondisi skin barrier yang tidak sehat ini ditunjukkan dengan beberapa gejala seperti kulitmu yang tiba-tiba terasa tebal, gatal, kasar, pecah-pecah, bersisik, dan berkerut. Tidak hanya itu, kerusakan skin barrier memicu perubahan warna kulit, sensasi tertarik pada kulit. Skin barrier yang rusak juga sering memunculkan masalah kulit seperti kulit yang mudah iritasi dan memerah, kulit menjadi kering serta kusam, gatal dan perih, dan kulit akan menjadi lebin sensitif dari sebelumnya.

BACA JUGA:Pakai Micellar Water Tapi Wajah Malah Jerawatan? Ini Penjelasan dr Kamilah Jaidi

Kamu dapat mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada skin barriermu dengan cara yang tepat lho. Yuk simak bagaimana cara mengatasinya!

1. Memilih Skincare dengan Bahan gentle 

Pemilihan skincare yang tepat dapat menjaga kelembapan serta skin barriermu tetap sehat, untuk itu kamu perlu memperhatikan penggunaan skincare yang lembut sehingga tidak mengiritasi kulitmu. Mulailah penggunaan skincare seperti pelembap, sunscreen, sabun, masker dan lotion dengan bahan yang lembut dan tidak menggunakan pewangi ataupun alkohol. Kamu juga perlu memperhatikan pH pada setiap skincare yang kamu gunakan, kamu dapat memilih skincare yang menyuplai pH kulit normal agar terhindar dari iritasi pada kulit. 

2. Mulailah Menggunakan Skincare dengan Kandungan Ceramide 

Ceramide pada skincare berfungsi mengurangi gejala kerusakan yang terjadi pada skin barrier. Ceramide ini biasa sudah diproduksi alami dalam tubuh, tetapi juga dapat ditemui dalam produk serum, pelembap, dan lotion. Kamu dapat mulai menggunakan produk skincare dengan kandungan hyaluronic acid, petrolatum, dan glycerin yang berperan memperbaiki skin barrier dan menjaga kulitmu tetap lembab. 

3. Menggunakan Skincare yang Mengandung Minyak Tumbuhan

Minyak dari tumbuh-tumbuhan dapat berperan sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiperadangan sehingga bisa membuat kulit lebih sehat. Kandungan minyak pada tumbuhan yang digunakan pada skincare ini biasanya minyak jojoba, minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak bunga matahari. 

BACA JUGA:10 Cara Salah dalam Mencuci Wajah, Ternyata Sering Kamu Lakukan

4. Hindari Kebiasaan yang Dapat Merusak Kulit 

Kamu mungkin sering melakukan tindakan yang secara sadar maupun tidak telah merusak skin barrier-mu. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan secara terus menerus dapat membuat skin barrier-mu semakin rentan. Kebiasaan seperti mandi air hangat yang terlalu lama, menggaruk kulit secara kasar, dan menggunakan skincare dengan bahan yang keras dapat membuat skin barriermu semakin rusak. Untuk itu kamu perlu menghindari kebiasaan buruk tersebut. 

5. Mulailah Terapkan Pola Hidup Sehat

Kategori :