Tips Buat Maba, Memilih Kegiatan di Kampus Biar Gak Salah Pilih

Selasa 23-07-2024,09:08 WIB
Reporter : Ghina Aulia Az-Zahra
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Sebagai nahasiswa baru (Maba) memilih kegiatan yang akan diikuti selama kuliah adalah langkah krusial karena mempengaruhi pengalaman dan perkembangan akademis.

Dengan banyaknya kegiatan yang ditawarkan kepada maba, kamu bisa dapat kesulitan untuk memilih kegiatan yang akan kamu ikuti. 

Terkadang maba selalu berfikir semua kegiatan bagus dan ingin semua diikuti karena bingung untuk memilih. Bahkan karena bingung, ada saja maba yang lebih memilih tidak mengikuti apa-apa atau biasa disebut dengan mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang kukiah-pulang)

Berikut ini beberapa cara memilih kegiatan yang dapat kamu terapkan sehingga tidak salah pilih nantinya.

1. Telusuri Beragam Pilihan

Banyak uiversitas yang menawarkan berbagai macam aktivitas dikampus mulai dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), organisasi mahasiswa (ormawa) hingga wadah komunitas dan hobi. Hadiri demo setiap kegiatan yang ditawarkan untuk memperoleh informasi lebih lanjut dan mencari informasi lebih dalam pada yang sudah berpengalaman.

BACA JUGA:Usaha Sampingan Anti Ribet, 5 Ide Jualan Untuk Mahasiswa Minim Budget

2. Pahami Minat dan Bakat

Ketika sudah memiliki banyak informasi yang didapat, coba pahami apa minat bakatmu lalu cocokkan kegiatan mana yang lebih baik kamu ikuti, pikirkan dengan matang apa yang kamu suka dan dimana keahlianmu. Apakah kamu lebih tertarik pada kegiatan akademik, seni, olahraga atau sosial, dengan memilih sesuai minat dan bakat akan membuatmu lebih berdedikasi dan antuasias dalam menjalankannya.

3. Prioritaskan Kegiatan yang Mendukung Karir

Pilih kegiatan yang dapat membantu kamu untuk mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan karirmu dimasa depan. Misalnya kamu tertarik dengan bidang bisnis maka sangat cocok jika kamu memilih kegiatan kewirausahaan atau organisasi mahasiswa bisnis, selain menambah pengalaman hal ini juga memperluas jaringan profesional kamu. 

4. Pertimbangkan Jadwal Kamu

Penting sekali dalam mempertimbangkan jadwal antara kegiatan kampus dengan akademik agar memiliki jadwal yang seimbang. Carilah kegiatan yang tidak mengganggu jadwal kuliah karena tujuan utama kamu adalah untuk kuliah. Beberapa kegiatan membutuhkan komitmen waktu lebih besar dibandingkan yang lain, jangan terlalu banyak mengikuti kegiatan sehingga membuatmu kewalahan dan mengganggu fokus perkuliahan. Buatlah jadwal yang realistis agar kamu juga dapat berprestasi dalam akademis tetapi tetap aktif dalam kegiatan yang diikuti.

BACA JUGA:Tingkatkan Kesehatan Warga, Mahasiswa KUKERTA Kelompok 25 UIN SMH Banten Desa Koranji Gelar Senam Sehat

5. Berani Mencoba Hal Baru 

Kategori :