Usaha Sampingan Anti Ribet, 5 Ide Jualan Untuk Mahasiswa Minim Budget

Senin 22-07-2024,10:48 WIB
Reporter : Ghina Aulia Az-Zahra
Editor : Krisna Widi Aria

INFORADAR.ID –  Menjadi mahasiswa seringkali membawa tantangan finansial, sehingga mengharusnkan mahasiswa untuk mencari usaha sampingan yang membutuhkan kreativitas tinggi.

 

Ada banyak usaha sampingan yang dapat menjadi peluang untuk mahasiswa yang minim budget bahkan tanpa modal. Dengan memiliki usaha sampingan selama kuliah, kamu dapat meringankan beban orangtua, menambah uang saku untuk kehidupan sehari-hari dan menunjang biaya perkuliahan.

 

Mahasiswa yang memiliki usaha sampingan bukan hanya dapat menghasilkan uang, tetapi melatih kamu untuk mengembangkan keterampilan dan memandirian. Karena kamu belajar bagaimana pemasaran, manajemen, keuangan dan aspek lain dalam menjalankan bisnis. Kamu akan lebih mandiri secara finansial dan tidak sepenuhnya bergantung dengan orangtua.

 

Berikut ini 5 rekomendasi ide jualan untuk usaha sampingan dengan budget minimal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa.

 

1. Thrifting

 

Thrifting yaitu menjual barang bekas yang masih layak pakai, mahasiswa seringkali memiliki barang yang sudah tidak terpakai namun masih layak untuk digunakan. Seperti buku, pakaian, aksesoris atau barang elktronik seperti handphone. Barang bekas seperti itu dapat kamu jadikan cuan dengan menjualkannya kepada orang lain yang minat. Menjual barang thrifting tidak membutuhkan modal besar, kamu hanya menyiapkan barang bekasmu atau mengumpulkan barang bekas temanmu juga lalu memasarkannya dengan membuka stand atau promosi melalui sosial media. 

 

Gunakan teknik marketing yang menarik dengan mendeskripsikan barang semenarik mungkin agar menarik minat pembeli. Selain menghasilkan uang tambahan, usaha thrifting dapat membantu mengurangi limbah dan memberikan kehidpuan kedua untuk barang bekasmu.

 

2. Makanan Ringan

Kategori :