4 Strategi Jitu Ubah Rasa Malu Jadi Percaya Diri

Senin 15-07-2024,13:25 WIB
Reporter : Ghina Aulia Az-Zahra
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Setiap orang pasti pernah merasakan malu dan tidak percaya diri terhadap dirinya sendiri apapun alasannya. Saat ngomong didepan banyak orang atau saat melihat pencapain orang lain yang kamu rasa lebih baik dari kamu.

Kondisi seperti itu membuat rasa percaya diri hilang hingga berdampak pada diri sendiri seperti minder berpendapat, overthinking saat melakukan sesuatu, ditemani rasa malu dan masih banyak lagi.

Meskipun wajar, rasa malu dan tidak percaya diri yang berlebihan dapat menghambat potensi dan menghalangi kesempatan kamu untuk berkembang. Mengubah rasa malu menjadi percaya diri adalah proses yang membutuhkan waktu dan usaha, namun tentu saja sangat mungkin dicapai. 

Jika kamu merasa diri kamu demikian, artikel ini tepat untuk kamu baca. Rama Satya seorang Youtuber memberikan 4 strategi jitu ubah rasa malu jadi percaya diri, cocok untuk kamu yang kurang pede terhadap apa yang kamu miliki.

Terdapat banyak faktor yang membuat seseorang malu dan tidak percaya diri diantaranya pola asuh orang tua, penampilan fisik, berteman dengan orang pemalu, dan faktor lainnya. simak strategi berikut ini biar kamu jadi orang percaya diri.

BACA JUGA:7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Begini Tipsnya

1. Banyak Senyum

Terkesan sederhana, tapi dengan memperbanyak senyum akan membuat lebih bahagia dan bikin suasana hati lebih baik lagi. Setiap kali kamu tersenyum,  otak akan lebih senang dan mengaktifkan otot-otot yang berada di wajah lalu bemberitahu otak agar melepas endorfin yaitu hormon penghilang rasa sakit dan tanggung jawab atas rasa senang setelah melakukan sesuatu.

2. Berbicara Pelan dan Jelas

Berbicara dengan cepat dan kurang jelas kepada lawan bicara dalat mengakibatkan kamu merasa gugup. Berbicara cepat membuat kamu kurang dalam mengendalikan diri, karena saat berbicara cepat maka kamu dipaksa untuk berfikir cepat juga sehingga waktu untuk berfikir lebih baik terhadap kalimat yang akan dikeluarkan berkurang. Alangkah baiknya berbicara pelan dan nada suara yang jelas karena kamu akan lebih merasa percaya diri

3. Tegakkan Badan

Dengan menegakkan postur tubuh secara otomatis akan membuat kamu terasa lebih percaya diri karena otak memproduksi hormon serotorin lebih banyak yaitu hormon yang membuat kamu lebih percaya diri. Gerakan yang lemah dan lesu menandakan kamu lebih tidak percaya diri, maka tegakkan bahumu, angkat kepalamu dan maju sedikit lebih cepat.

BACA JUGA:8 Cara Sederhana Ini Bisa Langsung Meningkatkan Rasa Percaya Diri Seseorang, Yuk Ikuti Langkah Langkahnya

4. Kontak Mata

Terkesan simpel namun memiliki efek yang luar biasa untuk kepercayaan diri kamu. Ketika kamu terlibat dalam sebuah percakapan baik itu dengan teman, orang yang lebih tua atau muda dan siapapun, cobalah untuk tatap mata mereka saat berbicara. Dengan tatapan mata yang optimis dan keyakinan penuh akan mengirimkan pesan yang sama kepada lawan bicara jika kamu percaya diri, dapat dipercaya dan bertanggungjawab. Jika tatapan matamu lesu, itu menandakan jika kamu sebetulnya tidak ingin berbicara dengan mereka.

Kategori :