People Pleaser Dapat Berdampak Buruk Untukmu, Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang People Pleaser

Rabu 26-06-2024,14:19 WIB
Reporter : Stefhanie Ardianty
Editor : Haidaroh

2. Ketika kamu sering berpura-pura bahagia, ceria, dan ramah dihadapan banyak orang, itu tentu akan memunculkan kelelahan secara fisik dan mentalmu sehingga kamu harus memikirkan terlebih dahulu jika ada seseorang yang meminta bantuan kepadamu untuk menghindari kelelahan tersebut. 

3. Karena terlalu sibuk membuat orang lain senang, kamu akan mudah mengabaikan dirimu sendiri dan hal ini dapat berakibat buruk karena kamu tidak mempunyai waktu untuk mengurus kebutuhan dan keperluanmu sendiri. 

4. Kamu mungkin akan membenci dirimu sendiri ketika tidak dapat memenuhi ego mereka. Kamu menjadi merasa tidak berguna dan berharga setelahnya.

BACA JUGA:Ini Dia Cara Nolak Orang Lain Buat Kamu yang Serba Enggak Enakan, People Pleaser Wajib Tahu!

Kamu dapat mulai melatih diri untuk berhenti menjadi people pleaser agar kamu tidak terlalu jauh merasakan dampak buruk atas perilaku tersebut. 

1. Kamu dapat mulai mencoba berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dirimu sendiri terlebih dahulu daripada orang lain. Dengan cara ini kamu dapat meningkatkan rasa cinta pada dirimu sendiri yang akan menjaga kondisi mentalmu. 

2. Kamu dapat mengulur waktu ketika seseorang meminta bantuan kepadamu sehingga kamu dapat mempertimbangkan lebih jauh untuk membantunya. Kamu juga harus menyadari apakah kebutuhanmu telah terpenuhi atau belum sebelum memutuskan memberikan bantuan. 

3. Kamu bisa menetapkan batasan ketika ada yang yang meminta bantuan kepadamu. Misalnya kamu bisa membantu temanmu ketika kamu sudah selesai dengan tugasmu. 

4. Kamu bisa mulai berkata tidak untuk orang-orang disekitarmu. Namun, lakukan penolakan dengan cara yang ramah serta halus sehingga tidak menyakiti hati siapapun. 

Itulah hal-hal mengenai people pleaser yang harus kamu pahami dan cara mengatasi perilaku tersebut. (*) 

Kategori :