5 Mitos Kanker Payudara yang Sering Didengar: Hoax? Yuk Intip Faktanya di Sini

Minggu 23-06-2024,16:59 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

3.Mitos: Mengonsumsi pil KB meningkatkan peluang kamu terkena kanker payudara

Fakta: Tidak ada penelitian pasti yang menghubungkan pil KB dengan kanker payudara. Faktanya, ada penelitian yang menunjukkan bahwa obat ini mungkin bersifat protektif, sementara penelitian lain menunjukkan sedikit peningkatan risiko. Penelitian terus dilakukan mengenai potensi hubungan antara pil KB dan penyakit ini, namun penelitian terbaru tidak menunjukkan adanya hubungan yang terukur sehingga dokter saat ini tidak menganggap alat kontrasepsi sebagai faktor risiko kanker payudara pada sebagian besar wanita.

4.Mitos: Menggunakan deodoran dapat menyebabkan kanker payudara

Fakta: Kelenjar getah bening, dimana beberapa jenis kanker payudara dapat menyebar, terletak di bawah ketiak, sebuah fakta yang menginspirasi beberapa rumor tentang hubungan antara produk ketiak dan penyakit tersebut.

5.Mitos: Kanker payudara adalah penyakit wanita lanjut usia

Fakta: Fakta bahwa sebagian besar kasus kanker payudara terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun seringkali menutupi kenyataan bahwa 25 persen pasien kanker payudara berusia di bawah 50 tahun. Dokter menyarankan wanita untuk mulai melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan ketika mereka berusia 20 tahun, bersamaan dengan itu.

Itulah lima mitos tentang kanker payudara yang harus kamu tahu. (*)

Kategori :